Sebagai moda transportasi
kereta-kereta supercepat ini punya banyak kelebihan. Daya angkutnya yang
besar dan yang paling penting dengan kenyamanan yang sama, polusi yang
dihasilkan bisa sepersepuluh lebih kecil dibanding dengan pesawat
terbang. Kereta-kereta ini diantaranya masih menggunakan roda-roda
konvensional tetapi dengan mesin yang canggih dan yang terbaru
menggunakan teknologi superconducting magnetic levitation (maglev train) yang melayang di atas rel.
Kereta Cepat Jepangl
Tokaido Shinkansen – Jepang
Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta cepatnya Shinkansen
(kereta peluru) pada tahun 1964 untuk melayani rute
Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka, dan kecepatannya "hanya" berkisar 201 km/jam
(di tahun itu udah yang paling kenceng).
Kereta WIN 350 Eksperimental:
JR E3
JR E4
Tiap jalur memiliki nama-nama sendiri (Tokaido, Tohoku, dll), dan tiap
jenis keretanya diidentifikasi dengan sebuah julukan (Nozomi, Hikari,
dll). Hampir 40 tahun sejak diluncurkan pertama kali, Shinkansen sudah
mengangkut 6 miliar penumpang tanpa ada kecelakaan berarti. Rute
Shinkansen juga memiliki frekuensi yang sangat tinggi, seperti rute
Tokyo dan Shin-Osaka yang bisa dilewati enam kereta per-jamnya (bukan
per-hari!).
JR 300
"Hikari" berarti "cahaya", merupakan layanan Shinkansen pertama pada
rute Tokaido/Sanyo. Semenjak munculnya kereta Nozomi, saat ini
menyediakan layanan mid-level dengan beberapa pemberhentian
tambahan, tetapi tetap dengan kecepatan tinggi. Kereta Hikari
menghubungkan Tokyo dan Osaka dalam waktu kira-kira 3 jam. Penampilannya
lebih bernuansa jet supersonik ketimbang kereta, dengan desainnya yang
futuristis dan kenyamanan luar biasa.
Variasi JR 500
Berarti "harapan", kereta-kereta Nozomi hanya membutuhkan waktu 2,5 jam
untuk menempuh jarak Tokyo-Osaka, dan 5 jam hingga ke seluruh tujuan di
ujung paling selatan kepulauan di Hakata (Fukuoka). Jalur-jalur kereta
di Jepang ini mendukung secara komersial mobilisasi penduduknya yang
padat di daerah-daerah ini, meski untuk menjalankannya tiap kereta butuh
biaya hingga $40 juta.
JR 800 Seri Terbaru
Khusus "Storm Troopers":
JR-Maglev MLX01
Kereta ini termasuk jenis kereta superconducting magnetic levitation - maglev
(melayang di atas rel secara magnetis) dan dalam uji cobanya sanggup
mencapai kecepatan 581 km/jam dan sejauh ini belum digunakan secara
komersial. China maju selangkah dengan lebh dulu mengoperasikan kereta
jenis maglev ini pada tahun 2004.
Kereta Cepat Perancis
Train a Grande Vitesse (TGV) – Perancis
Diresmikan pada awal tahun 80-an, TGV melayani rute Lyon dan Paris,
setelah suksesnya rutenya kemudian ditambah ke kota lain di Perancis
bahkan ke negara lainnya. Kereta ini dibangun oleh Alstrom SA -
perusahaan pembuat kereta terbesar kedua di dunia. Kereta generasi
barunya TGV V-150 memecahkan rekor kecepatan untuk kereta beroda
konvensional pada kecepatan 515 km/jam. Kereta ini menggunakan supercharged engine dan meiliki roda kereta yang besar. Rekor barunya saat ini mencapai 574,8 km/jam (lihat di sini).
Kereta Cepat Jerman
InterCity Express (ICE)
Di awal tahun 90-an Jerman meresmikan kereta cepatnya untuk melayani
rute Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart. Kereta ini dibangun
oleh Siemens dan mencapai kecepatan 280 km/jam.
Transrapid
Jerman juga membangun sendiri kereta maglev-nya Transrapid yang mampu
mencapai kecepatan 550 km/jam tapi sayangnya pernah mengalami kecelakaan
pada September 2006 di dekat kota Lathen dan menewaskan 23
penumpangnya.
Kereta Maglev Shanghai – China
Dibangun dengan teknologi Jerman, kereta ini mampu mencapai kecepatan
hingga 430 km/jam dan sanggup membawa penumpangnya dari bandara
internasional Pudong menuju Longyang Road Station di pusat kota hanya
dalam waktu 8 menit.
Korean Train Express (KTX) – Korea Selatan
Tahun 2004 Korsel menjadi negara kedua di Asia disamping Jepang yang
membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan beberapa kota utamanya.
Teknologi KTX mengadopsi teknologi TGV (kereta cepat asal Perancis).
Taiwan High Speed Rail – Taiwan
Setelah beberapa tahun penundaan, akhirnya Taiwan High Speed Rail
diresmikan penggunaannya pada tanggal 5 Januari 2008. Kereta cepat ini
dibangun dengan basis teknologi Jepang Shinkansen dan memendekkan waktu
tempuh dari Taipei menuju Kaoshiung menjadi 90 menit dari sebelumnya
yang 4 jam.
Kereta Cepat Italia
Direttissima
Itali resmi meluncurkan kereta cepatnya untuk rute Roma dan Florensia dengan kecepatan 254 km/jam.
Eurostar – Inggris Raya
Kereta cepat ini dioprasikan tahun 1994 dan melayani rute dari London
ke Perancis dan Belgia (melalui terowongan bawah laut). Dari London ke
Paris menggunakan kereta ini memakan waktu 2 jam 35 menit. Kecepatannya
saat ini mencapai 300 km/jam.
Kereta-kereta Tercepat di Dunia
Rabu, 28 Maret 2012
Label:
Unik
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar