Kamis, 19 April 2012

5 Buah Langka yang Enak di Indonesia

Beragam jenis buah-buahan di Indonesia ini yang rasanya enak ataupun manis, asam, dan lain lain. Tetapi ada beberapa buah-buahan langka yang saat ini jarang kita temui karena namanya atau rasanya kurang tenar dibanding buah-buahan lainnya. Buah-buah langka ini juga tidak kalah rasanya dengan buah-buahan lainnya. Buah-buah langka ini juga hanya tersebar di beberapa pulau saja di Indonesia seperti di Kalimantan, Bangka Belitung, dan lainnya. Beberapa buah ini juga mirip dengan buah lainnya yang lebih terkenal mirip bentuk ataupun rasanya. Berikut uniknya.com merangkum 5 buah langka yang enak di Indonesia:

1. Cempedak


Cempedak (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)




“Cempedak Berbuah Nangka,” sebagian pepatah sering menggunakan bahasa itu, namun apakah Cempedak itu sendiri? Banyak dari kita orang Indonesia tidak mengetahui itu, Cempedak adalah nama buah yang mirip dengan Nangka namun rasa, batang, dan musim buahnya berbeda. Kalau Cempedak rasanya lebih manis dari nangka, kalau dari batang, Cempedak mempunyai getah yang lebih cair dibandingkan Nangka.
Daunnya pun memiliki bulu-buluputih yang tipis kalau Nangka daunnya tidak ada bulu-bulu tipis, nah kalau dari segi musim, Cempedak hanya berbuah satu tahun sekali.Cempedak juga cara mengambil isinya beda dari nangka yang agak rumit. Mengambil isi Cempedak tinggal diiris dari atas kebawah kulitnya lalu tarik aja ke atas puluknya (tengah dari buah yang lengket pada buah) maka secara otomatis isinya ikut terangkat semua, tinggal Cempedak dapat dibuat bermacam-macam makanan, dari manisan Cempedak, gorengan Cempedak (seperti pisang goreng namun isinya bukan pisang tapi cempedak), bahkan langsung dimakan seperti Nangka juga enak. Cempedak ini kalau di daerah Indonesia banyak tumbuh di daerah Sumatra, seperti Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Pulau Bangka, dan Pulau Belitung.

2. Buah Rukem



Buah Rukem (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Rukam atau Rukem adalah nama pohon penghasil buah yang konon merupakan tanaman asli Indonesia. Pohon Rukam yang dalam bahasa latin disebut Flacourtiarukam yang mulai langka di Indonesia memiliki tata cara unik bagi yang ingin makan buahnya. Buah Rukam harus dipijit-pijit dulu sebelum dimakan untuk menghilangkan rasa sepat buah langka ini.Pohon dan buah Rukam di beberapa daerah di Indonesia disebut juga sebagai Rukem, GandaRukem, Gerendang (Jawa), klangtatahkutang (Kalimantan). Dalam bahasa Inggris buah Rukan atau Rukemini disebut Indian Prune. Di beberapa negara lain, beberapa nama diberikan seperti; Rukam (Filipina), Ta Khop Thai (Thailand), RukamManis, Rukam Gajah, Rukem (Malaysia), JawaRukamu (Jepang). Sedangkan dalam bahasa Latin tanaman langka ini disebut sebagai Flacourtiarukam atau juga Flacourtiaeuphlebia. BuahRukem, hidup di dataran daerah Sumatra, Pulau Bangka, Pulau Belitung, dengan pohon yang berduri, dan dengan rasa yang manis. Namun apabila masih mentah dan berwarna hijau maka rasanya sepet sekali. Buah ini biasanya diasin atau pun dimakan mentah.

3. Buah Rambai


Buah Rambai (Sumber: blogspot.com)




Rambai adalah sejenis buah yang bentuknya seperti duku dengan berbagai campuran rasa manis, kecut, dan segar? Jenis buah ini rata-rata bentuknya seperti buah duku.Warnanya pun hampir sama. Bentuk fisik mirip dengan duku dengan rasa manis kecut dan segar. Tapi khusus buah rambe selain nama buah-buahan juga dijadikan sebuah Marga suku Batak yaitu marga Rambe, yang berasal dari daerah Tapanuli, Sumatera Utara, tepatnya di daerah Pakkat, daerah Toba. Pakkat adalah Tano/Tanah Rambe bagi marga Batak yaitu Marga Rambe. Anehnya di daerah ini buah rambe ada yang berwarna merah seperti merahnya buah anggur.Padahal biasanya warna buah rambe adalah berwarna seperti buah duku, baik bentuk maupun besarannya.

4. Buah Kemunting atau Kerakduduk



Buah Kemunting atau Kerakduduk (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Hidup di daerah yang berpasir berbuah tidak mengenal musim, buah ini rasanya manis dan enak. Secara fisik buah ini kecil-kecil sekitar sejempol orang dewasa, namun buah ini sangat banyak buahnya dalam tiap satu batang. Pohonnya relatif kecil paling besar sebesar kaki orang dewasa, itu pun jarang kebanyakan hanya sebesar jempolan orang dewasa aja.Buah ini banyak terdapat di daerah pasiran Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Warnanya hijau ketika masih muda lalu berubah menjadi merah dan ungu ketika buahnya sudah masak.Isi buahnya juga ungu dan berbiji banyak (menyerupai jambu biji) namunkecil-kecil karena buahnya hanya sebesar ibu jari. Buah ini pun tidak mengenal musim hingga dapat dijumpai kapanpun. Rasanyamanis.

5. Buah Rumbia



Buah Rumbia (sumber :tradebit.com,uniknya.com)




Kalau Buah Rumbia banyak terdapat di Indonesia, karena Rumbia adalah buah pohon sagu. Buah ini rasanya manis-manis sepet. Biasanya diasinkan dulu untuk menghilangkan rasa sepetnya. Namun sepetnya buahRumbia ini tidak sebanding dengan sepetnya buah Rukem yang mentah. Jadi kalau langsung dimakan biasa nggak masalah.Pohon palma yang merumpun, dengan akar rimpang yang panjang dan bercabang-cabang; tinggi tajuk 10 m atau lebih dan diameter batang mencapai 60 cm. Daun-daun besar, majemuk menyirip, panjang hingga 7 m, dengan panjang anak daun lk. 1.5 m; bertangkai panjang dan berpelepah.Sebagaimana gebang, rumbia berbunga dan berbuahsekali (monocarpic) dan sudah itu mati. Karangan bunga bentuk tongkol, panjang hingga 5 m. Berumah satu (monoesis), bunga rumbia berbau kurangenak. (**)

Uniknya Drumbella, Payung yang Bisa Bermusik

Payung yang aslinya diberi nama Rain Drum ini adalah hasil kreasi seorang desainer Korea bernama Dong Min Park. Payung ini cukup terkenal di dunia maya karena keunikannya yang mampu menghasilkan musik dari rintik hujan. Sisi luar payung ini terbuat dari lima bahan yang berbeda yang masing-masing akan menghasilkan suara hi-hat, crash, tom-tom, bass, dan snare seperti pada alat music drum jika permukaan tersebut terkena air hujan. Dari situlah musik dihasilkan. Banyak yang berpendapat bahwa payung ini merupakan terobosan cara baru yang menyenangkan untuk menikmati hujan. Tetapi tidak sedikit juga yang menganggap bahwa payung ini tidak efektif dipakai sebagai penutup kepala dan suara yang dihasilkannya akan terlalu berisik jika hujan yang turun cukup deras:


(Sumber: inewidea.com)

Uniknya Pegangan Pintu yang Aneh

Saat masuk rumah, ruangan, atau mobil, pegangan pintu tentu menjadi barang yang sering Anda pegang. Namun tak semua orang ingin tampil sama, sehingga ada beberapa pegangan pintu yang tidak biasa dan terlihat aneh. Lihat bersama foto-foto berikut ini:
1. Pegangan pintu tangan memegang tongkat

(Sumber: weirdexistence.com)

2. Pegangan pintu mobil bentuk pistol

(Sumber: weirdexistence.com)

3. Pegangan pintu burung mematuk kepala

(Sumber: weirdexistence.com)

4. Pegangan pintu bentuk gitar

(Sumber: weirdexistence.com)

5. Pegangan pintu bentuk gelas bir

(Sumber: weirdexistence.com)

6. Pegangan pintu bentuk bohlam

(Sumber: weirdexistence.com)

7. Pegangan pintu bentuk tangan salaman

(Sumber: weirdexistence.com)

8. Pegangan pintu bentuk bola dunia

(Sumber: weirdexistence.com)

5 Aplikasi Al-Quran Android

Alquran bagi muslim merupakan kitab suci yang dianjurkan dibaca sesering mungkin. Selepas era komputer tab dan ponsel cerdas, Alquran tidak lagi dibaca dalam bentuk buku, tetapi dalam format digital. Android, sistem operasi untuk tab dan ponsel saat ini, banyak menawarkan aplikasi Alquran digital. Berikut ini 5 aplikasi Alquran terpopuler di ranah sistem operasi keluaran Google tersebut:
1. iQuran
Aplikasi ini dikembangkan oleh Guideways.com dan menyajikan berbagai versi terjemahan. Tidak hanya itu saja, iQuran juga menyajikan audio, fungsi berulang, penanda halaman yang tidak terbatas, pencarian, pengendali navigasi, beberapa terjemahan dan tilawah, dan banyak lagi. Meskipun begitu, untuk versi bebas ini, pengguna dibatasi dengan beberapa fitur saja, yaitu: dukungan mode landscape hanya untuk 5 bab pertama, maksimal 5 penanda halaman, terjemahan inggris oleh Shakir, hasil pencarian dibatasi 20 per pencarian, satu tilawah oleh Sheikh Husary, dan pengendali audio yang dapat di puter ulang. Aplikasi ini dikembangkan untuk berbagai jenis Android. Guna menikmati layanan yang lebih, tersedia versi berbayar dengan nama iQuran Pro.

iQuran (sumber : guidedways.com)

2. Quran Android
Aplikasi ini khusus dikembangkan untuk perangkat Android dan tersedia bebas dan open source. Banyak fitur yang dikembangkan untuk aplikasi ini, beberapa di antaranya adalah streaming dan unduhan tilawah, efek transisi yang indah dan halus, berjalan di ponsel Android yang tidak memiliki dukungan bahasa Arab, penanda halaman tidak terbatas, mode landscape untuk huruf yang lebih besar dan lebih nyaman, dan terjemahan dalam beberapa bahasa yang berbeda seperti Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, dan Spanyol. Karena aplikasi ini merupakan proyek open source, membuat orang-orang mudah untuk berkontribusi dan membantu meningkatkannya.

Quran Android (sumber : gstatic.com)

3. Muslim Pro: Azan & Quran
Muslim Pro: Azan & Quran tidak hanya menyajikan teks Alquran semata. Aplikasi ini juga menyajikan fitur-fitur tambahan seperti kalkulator waktu shalat berdasarkan waktu dan lokasi, notifikasi adzan audio dan visual, animasi kompas kiblat yang menunjukan arah ke Mekah, dan kalendar Islam. Ada pun untuk fitur Alquran, tersedia terjemahan dan transliterasi untuk bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, dan Turki.

Muslim Pro (sumber : gstatic.com)

4. MyQuran Indonesia
Berbeda dengan aplikasi Alquran yang populer di Android lainnya, aplikasi MyQuran Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai tatap mukanya. Hal ini karena aplikasi ini ditujukan untuk masyarakat Indonesia, baik yang berada di dalam maupun di luar negeri. Aplikasi ini memiliki sistem capaian bacaan Alquran serta penjadwalan dan penugasan mengaji. Sehingga pembaca diharapkan termotivasi untuk menamatkan kitab suci agama Islam ini.
Fitur-fitur lainnya dari MyQuran Indonesia, di antaranya desain yang indah, tajwid yang berwarna, terjemahan berbagai bahasa, transliterasi, penanda halaman, pengubah status Facebook, dan tilawah audio.

MyQuran Indonesia (sumber : gstatic.com)

5. Al Quran (Al-Zikar Pro Free)
Salah satu aplikasi Alquran dengan rangking teratas di Android adalah Al-Zikar Pro Free. Fitur yang ditawarkan oleh pengembang adalah penanda halaman tidak terbatas, pengubahan huruf dan teks Alquran, pilihan pengulangan Ayat, pengubahan warna latar dan teks Alquran, daftar indeks Alquran yang cepat dan mudah, pilihan untuk melihat huruf arab semata, pilihan untuk menuju ayat dan surat yang diinginkan, dan detail surat seperti jenis surat dan total ayat. Aplikasi ini juga menawarkan 7 Qari berbeda. Namun, untuk versi bebas, hanya tersedia untuk surat pertama saja. Sedangkan untuk penerjemahan, tersedia hingga 39 bahasa, termasuk China, Jepang, Inggris, Indonesia, Perancis, Jerman, dan Italia.

Al-Zikar Pro Free (sumber : gstatic.com)

Uniknya Origami-Origami Super Mini di Dunia

Seniman kertas asal Jerman, Anja Markiewicz, mampu menghasilkan karya-karya origami luar biasa. Dengan ukuran rata-rata sebesar dua kali bulir beras, dia menghasilkan karya yang disebut sebagai nano origami. Obyeknya macam-macam, dari mulai binatang, bunga, dan seterusnya. Inilah fotonya:
Anja membuat origami super ini bermodalkan kedua tangan dan tusuk gigi. Namun dengan ketekunan, dia  bisa membuat karya yang bukan hanya tampak imut di tangan, namun juga terlihat artistik dan benar-benar berbeda. (**)

Indahnya Karya Fotography Underwater

Daya tarik wanita memang tak ada habisnya. Dimanapun dan kapanpun bisa menjadi objek foto yang menarik dalam dunia fotograpy model. Salah satu diantaranya foto dikedalam air, atau yang biasa dikenal dengan fotography underwater. Tak perlu berlama-lama, mari kita nikmati foto-foto berikut, karya fotografer Thomas Tucker:

(sumber:funzu.com)

Penemuan Telur dan Tulang Dinosaurus Secara Bersamaan

Peneliti dari Argentina melaporkan adanya fosil dan telur milik burung purba yang berusia 70 juta tahun di Patagonia. Keunikan dari penemuan ini adalah ditemukannya telur dan tulang dalam satu tempat sekaligus. Pernyataan tersebut disampaikan oleh ahli dinosaurus Uppala University, Martin Kundrat.

Telur milik burung purba (sumber:ng.hu)

Dinosaurus yang hidup di wilayah selatan pada era Mesozoikum ini merupakan jenis terakhir yang bertahan hidup. Diperkirakan oleh para ahli, dinosaurus misterius ini termasuk ke dalam kelompok Alvarezsauridae. “Hal ini menunjukkan bahwa Alvarezsauridae bertahan di Amerika Selatan hingga zaman kapur modern,” ujar Martin.
Telur yang ditemukan memiliki lapisan cakang bagian dalam yang menunjukkan bahwa telur-telur itu telah diinkubasi dan berisi embrio pada stadium lanjut. Martin menyatakan bahwa kulit telur yang ditemukannya belum termasuk ke dalam kategori manapun. Sehingga, ia menamakannya Arraigadoolithidae berdasarkan tempat di mana telur-telur itu ditemukan.
Selain itu, Martin juga menemukan hal lainnya, yaitu kontaminasi jamur pertama di dalam telur dinosaurus. “Selama pemeriksaan sampel kulit, ada benda yang tidak biasa di dalamnya, ternyata jamur mengkontaminasi telur,” ujar Martin.(**)

Uniknya Karya Seni Buah Semangka

Buah melon memang sangat dinikmati, ketika terik-teriknya sang surya menyinari tubuh kita. Tapi apa jadinya jika buah melon yang kita siap santap tersebut, disajikan sedemikian rupa dengan kreasi seni yang luar biasa. Rasanya walaupun dahaga menerpa kerongkongan, berat rasanya untuk merusak karya seni melon seperti gambar berikut:

(sumber: blogspot.com)

5 Olah Raga Ekstrem Menggunakan Parasut

Sebuah olahraga ekstrim adalah istilah populer untuk kegiatan tertentu yang dianggap memiliki tingkat bahaya tinggi.  Kegiatan ini sering melibatkan kecepatan, ketinggian, aktivitas fisik menantang, dan peralatan yang sangat khusus. Nah, jika Anda yang mencermati perkembangan olah raga ekstrem asal Amerika sana, pastinya mengenal beberapa diantaranya seperti berikut dimana parasut sebagai alat bantunya:


1. Terjun Payung
Terjun payung adalah aktivitas olahraga yang melibatkan terjun dari sebuah pesawat terbang menggunakan parasut yang dapat dibentangkan. Sejarah awal terjun payung tidak jelas. Diketahui Andre-Jacques Garnerin membuat lompatan parasut dari balon udara panas di tahun 1797. Pertandingan awal dapat dilacak pada tahun 1930-an, dan menjadi olahraga internasional pada tahun 1951. Sekarang terjun payung dilakukan sebagai aktivitas rekreasional dan olahraga kompetitif.



Terjun Payung (Sumber: wordpress.com)




2. Paralayang
Paralayang adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Pilot duduk di suatu sabuk (harness) yang menggantung di bawah sayap kain yang bentuknya ditentukan oleh ikatan tali dan tekanan udara yang memasuki ventilasi di bagian depan sayap. Olahraga ini mulai muncul pada sekitar 1950-an dan kejuaraan dunia pertamanya dilangsungkan pada tahun 1989 di K√∂ssen, Austria.



Paralayang (Sumber: wordpress.com)




3. Speed Flying
Speed Flying adalah bentuk olahraga ekstrem, dimana seseorang meluncur menuruni bukit curam bersalju dengan didorong kekuatan angin yang meniup parasut mereka sebagai layar pengendalinya. Sementara kaki meluncur dengan ski di salju, tangan mengendalikan laju parasut sebagai motor pendorongnya.



Speed Flying (Sumber: wordpress.com)




4. BASE Jumping
BASE Jumping adalah kegiatan ekstrem dimana peserta melompat menggunakan parasut dari ketinggian terbatas seperti bangunan bertingkat, antena, jembatan, dan tebing. Berbeda halnya dengan terjun payung yang melompat dari pesawat, ketinggian dari olahraga ini benar-benar sangat pendek, karenanya pelaku olahraga ini haruslah orang yang sudah memiliki jam terjun payung yang tinggi.



BASE Jumping (Sumber: wordpress.com)




5. Wingsuit Flaying
Wingsuit Flaying adalah olahraga terbang di udara dengan menggunakan jumpsuit khusus (pakaian), yang disebut wingsuit, yang menambah luas permukaan tubuh manusia untuk memungkinkan melayang di udara. Wingsuits modern, pertama kali dikembangkan pada akhir 1990-an, membuat luas permukaan dengan antara kaki dan di bawah lengan seperti halnya sayap pada tupai terbang. Pada akhirnya para Wingsuit Flayer berakhir dengan membuka parasut, sehingga wingsuit dapat diterbangkan dari setiap titik yang menyediakan ketinggian yang cukup untuk melayang di udara, seperti pesawat.(**)



Wingsuit Flaying (Sumber: wordpress.com)

Minas Gerais Foto Model Brazil Hot dan Seksi

Lahir 29 Mei 1982 di Minas Gerais, Brazil. Kerap dijadikan model busana karya desainer papan atas dunia seperti Christian dior, Christian Lacroix, Karl Lagerfeld, dan sebagainya.






gokil.. ini dia CEWEK yang jago BERUBAH RUBAH ...


Bare-faced: Promise Tamang Phan prepares to transform herself in one of her dozens of popular YouTube make-up tutorials
Bare-faced: Promise Tamang Phan prepares to transform herself in one of her dozens of popular YouTube make-up tutorials
Getting started: Promise brushes on foundation to achieve a flawless complexion at the start of a video in which she mimics Angelina Jolie's make-up looks
Getting started: She brushes on foundation to achieve a flawless complexion at the start of a video in which she mimics Angelina Jolie
http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2012/04/17/article-2130823-12A0E982000005DC-723_306x369.jpghttp://i.dailymail.co.uk/i/pix/2012/04/17/article-2130823-12A0E982000005DC-457_306x369.jpg


Same girl? A blonde wig, siren red lips and clever contouring help the beauty guru become Scarlett Johansen
Same girl? A blonde wig, siren red lips and clever contouring help the beauty guru become Scarlett Johansen
Transformer: High-arched brows and winged eyeliner finish a Megan Fox look
Transformer: High-arched brows and winged eyeliner finish a Megan Fox look

Eye-popping: Promise accessorizes her Lady Gaga look with a giant hair bow, blonde and pink wig, and reveals uniquely painted eyelids
Eye-popping: Promise accessorizes her Lady Gaga look with a giant hair bow, and a blonde and pink wig, and reveals uniquely painted eyelids

The Duchess: A bright smile is all she needs to complete a look inspired by Duchess of Cambridge, Kate Middleton
The Duchess: A bright smile is all she needs to complete a look inspired by Duchess of Cambridge, Kate Middleton
Strike a pose: Promise mimics Kim Kardashian with heavy eye make-up, careful face contouring and a wavy brunette wigStrike a pose: Promise mimics Kim Kardashian with heavy eye make-up, careful face contouring and a wavy brunette wig
Strike a pose: Promise mimics Kim Kardashian with heavy eye make-up, careful face contouring and a wavy brunette wig
Uncanny: A tribute to Michael Jackson has been viewed over 800,000 times
Uncanny: A tribute to Michael Jackson has been viewed over 800,000 times
Tipping her hat: Retro specs and a fedora - and a little chin fuzz - finish off Promise's Johnny Depp look
Tipping her hat: Retro specs and a fedora - and a little chin fuzz - finish off Promise's Johnny Depp look
Five o'clock shadow: Promise teaches how to dab on stubble in a video tutorial entitled, 'How to look like Drake'
Five o'clock shadow: Promise teaches how to dab on stubble in a video tutorial entitled, 'How to look like Drake'

Winged: Promise pulls back her blonde wig to begin a Barbie tutorial
Winged: Promise pulls back her blonde wig to begin a Barbie tutorial
Pucker up: The transformation into Mariposa Barbie is complete with a wide-eyed kiss to the camerae
Pucker up: The transformation into Mariposa Barbie is complete with a wide-eyed kiss to the camerae
Thoughtful: Stuffed animals resembling Princess Jasmine's tiger, Raja, and Aladdin's monkey, Abu, are in the background of her tutorial for the Disney Princess look
Thoughtful: Stuffed animals resembling Princess Jasmine's tiger, Raja, and Aladdin's monkey, Abu, are in the background of her tutorial for the Disney Princess look
Moments later: Promise bears an uncanny resemblance to Princess Jasmine
Moments later: Promise bears an uncanny resemblance to Princess Jasmine
Artistry: Promise pales her complexion for her most recent tutorial, in which she becomes a virtual work of art as Leonardo da Vinci's Mona Lisa
Artistry: Promise pales her complexion for her most recent tutorial, in which she becomes a virtual work of art as Leonardo da Vinci's Mona Lisa

Soft: Elmers Glue and concealer cover Promise's eyebrows, and with soft shading and a wig, she begins to resemble the mysterious women from da Vinci's most famous oil painting
Soft: Elmers Glue and concealer cover Promise's eyebrows, and with soft shading and a wig, she begins to resemble the mysterious women from da Vinci's most famous oil painting
A work of art: Promise poses from behind a golden frame in the tutorial, which has earned over 250,000 views within the last week
A work of art: Promise poses from behind a golden frame in the tutorial, which has earned over 250,000 views within the last week
 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.