5 Olah Raga Ekstrem Menggunakan Parasut

Kamis, 19 April 2012

Share This Article On :
Sebuah olahraga ekstrim adalah istilah populer untuk kegiatan tertentu yang dianggap memiliki tingkat bahaya tinggi.  Kegiatan ini sering melibatkan kecepatan, ketinggian, aktivitas fisik menantang, dan peralatan yang sangat khusus. Nah, jika Anda yang mencermati perkembangan olah raga ekstrem asal Amerika sana, pastinya mengenal beberapa diantaranya seperti berikut dimana parasut sebagai alat bantunya:


1. Terjun Payung
Terjun payung adalah aktivitas olahraga yang melibatkan terjun dari sebuah pesawat terbang menggunakan parasut yang dapat dibentangkan. Sejarah awal terjun payung tidak jelas. Diketahui Andre-Jacques Garnerin membuat lompatan parasut dari balon udara panas di tahun 1797. Pertandingan awal dapat dilacak pada tahun 1930-an, dan menjadi olahraga internasional pada tahun 1951. Sekarang terjun payung dilakukan sebagai aktivitas rekreasional dan olahraga kompetitif.



Terjun Payung (Sumber: wordpress.com)




2. Paralayang
Paralayang adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Pilot duduk di suatu sabuk (harness) yang menggantung di bawah sayap kain yang bentuknya ditentukan oleh ikatan tali dan tekanan udara yang memasuki ventilasi di bagian depan sayap. Olahraga ini mulai muncul pada sekitar 1950-an dan kejuaraan dunia pertamanya dilangsungkan pada tahun 1989 di Kössen, Austria.



Paralayang (Sumber: wordpress.com)




3. Speed Flying
Speed Flying adalah bentuk olahraga ekstrem, dimana seseorang meluncur menuruni bukit curam bersalju dengan didorong kekuatan angin yang meniup parasut mereka sebagai layar pengendalinya. Sementara kaki meluncur dengan ski di salju, tangan mengendalikan laju parasut sebagai motor pendorongnya.



Speed Flying (Sumber: wordpress.com)




4. BASE Jumping
BASE Jumping adalah kegiatan ekstrem dimana peserta melompat menggunakan parasut dari ketinggian terbatas seperti bangunan bertingkat, antena, jembatan, dan tebing. Berbeda halnya dengan terjun payung yang melompat dari pesawat, ketinggian dari olahraga ini benar-benar sangat pendek, karenanya pelaku olahraga ini haruslah orang yang sudah memiliki jam terjun payung yang tinggi.



BASE Jumping (Sumber: wordpress.com)




5. Wingsuit Flaying
Wingsuit Flaying adalah olahraga terbang di udara dengan menggunakan jumpsuit khusus (pakaian), yang disebut wingsuit, yang menambah luas permukaan tubuh manusia untuk memungkinkan melayang di udara. Wingsuits modern, pertama kali dikembangkan pada akhir 1990-an, membuat luas permukaan dengan antara kaki dan di bawah lengan seperti halnya sayap pada tupai terbang. Pada akhirnya para Wingsuit Flayer berakhir dengan membuka parasut, sehingga wingsuit dapat diterbangkan dari setiap titik yang menyediakan ketinggian yang cukup untuk melayang di udara, seperti pesawat.(**)



Wingsuit Flaying (Sumber: wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.