5 Aplikasi Al-Quran Android

Kamis, 19 April 2012

Share This Article On :
Alquran bagi muslim merupakan kitab suci yang dianjurkan dibaca sesering mungkin. Selepas era komputer tab dan ponsel cerdas, Alquran tidak lagi dibaca dalam bentuk buku, tetapi dalam format digital. Android, sistem operasi untuk tab dan ponsel saat ini, banyak menawarkan aplikasi Alquran digital. Berikut ini 5 aplikasi Alquran terpopuler di ranah sistem operasi keluaran Google tersebut:
1. iQuran
Aplikasi ini dikembangkan oleh Guideways.com dan menyajikan berbagai versi terjemahan. Tidak hanya itu saja, iQuran juga menyajikan audio, fungsi berulang, penanda halaman yang tidak terbatas, pencarian, pengendali navigasi, beberapa terjemahan dan tilawah, dan banyak lagi. Meskipun begitu, untuk versi bebas ini, pengguna dibatasi dengan beberapa fitur saja, yaitu: dukungan mode landscape hanya untuk 5 bab pertama, maksimal 5 penanda halaman, terjemahan inggris oleh Shakir, hasil pencarian dibatasi 20 per pencarian, satu tilawah oleh Sheikh Husary, dan pengendali audio yang dapat di puter ulang. Aplikasi ini dikembangkan untuk berbagai jenis Android. Guna menikmati layanan yang lebih, tersedia versi berbayar dengan nama iQuran Pro.

iQuran (sumber : guidedways.com)

2. Quran Android
Aplikasi ini khusus dikembangkan untuk perangkat Android dan tersedia bebas dan open source. Banyak fitur yang dikembangkan untuk aplikasi ini, beberapa di antaranya adalah streaming dan unduhan tilawah, efek transisi yang indah dan halus, berjalan di ponsel Android yang tidak memiliki dukungan bahasa Arab, penanda halaman tidak terbatas, mode landscape untuk huruf yang lebih besar dan lebih nyaman, dan terjemahan dalam beberapa bahasa yang berbeda seperti Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, dan Spanyol. Karena aplikasi ini merupakan proyek open source, membuat orang-orang mudah untuk berkontribusi dan membantu meningkatkannya.

Quran Android (sumber : gstatic.com)

3. Muslim Pro: Azan & Quran
Muslim Pro: Azan & Quran tidak hanya menyajikan teks Alquran semata. Aplikasi ini juga menyajikan fitur-fitur tambahan seperti kalkulator waktu shalat berdasarkan waktu dan lokasi, notifikasi adzan audio dan visual, animasi kompas kiblat yang menunjukan arah ke Mekah, dan kalendar Islam. Ada pun untuk fitur Alquran, tersedia terjemahan dan transliterasi untuk bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, dan Turki.

Muslim Pro (sumber : gstatic.com)

4. MyQuran Indonesia
Berbeda dengan aplikasi Alquran yang populer di Android lainnya, aplikasi MyQuran Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai tatap mukanya. Hal ini karena aplikasi ini ditujukan untuk masyarakat Indonesia, baik yang berada di dalam maupun di luar negeri. Aplikasi ini memiliki sistem capaian bacaan Alquran serta penjadwalan dan penugasan mengaji. Sehingga pembaca diharapkan termotivasi untuk menamatkan kitab suci agama Islam ini.
Fitur-fitur lainnya dari MyQuran Indonesia, di antaranya desain yang indah, tajwid yang berwarna, terjemahan berbagai bahasa, transliterasi, penanda halaman, pengubah status Facebook, dan tilawah audio.

MyQuran Indonesia (sumber : gstatic.com)

5. Al Quran (Al-Zikar Pro Free)
Salah satu aplikasi Alquran dengan rangking teratas di Android adalah Al-Zikar Pro Free. Fitur yang ditawarkan oleh pengembang adalah penanda halaman tidak terbatas, pengubahan huruf dan teks Alquran, pilihan pengulangan Ayat, pengubahan warna latar dan teks Alquran, daftar indeks Alquran yang cepat dan mudah, pilihan untuk melihat huruf arab semata, pilihan untuk menuju ayat dan surat yang diinginkan, dan detail surat seperti jenis surat dan total ayat. Aplikasi ini juga menawarkan 7 Qari berbeda. Namun, untuk versi bebas, hanya tersedia untuk surat pertama saja. Sedangkan untuk penerjemahan, tersedia hingga 39 bahasa, termasuk China, Jepang, Inggris, Indonesia, Perancis, Jerman, dan Italia.

Al-Zikar Pro Free (sumber : gstatic.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.