Tekanan Darah Tinggi? Rajinlah Makan Pepaya!

Rabu, 23 Mei 2012

Share This Article On :
http://images.detik.com/content/2007/11/20/801/Shannon-Clarissa-Guitono-besar.jpg



Gemar makan pepaya? Kabar baik buat yang hobi mengkonsumsi buah merah segar ini. Nutrisinya baik bagi tubuh, terlebih bagi penderita darah tinggi. Pasalnya, makan pepaya teratur bisa menurunkan tekanan darah.

Rupanya, kandungan potassium di dalam buah pepaya yang membuatnya bisa menurunkan tekanan darah. Buah tropis yang banyak dihasilkan di berbagai negara ini memang mengandung potassium tinggi. Bahkan, ada yang menjuluki buah ini sebagai buah yang paling baik dikonsumsi saat diet karena kaya nutrisi.

AHA atau American Heart Association menganjurkan untuk konsumsi makanan tinggi potassium setiap harinya agar tekanan darah terkontrol. Satu buah pepaya mengandung kurang lebih 16 persen kebutuhan tubuh akan potassium.

Menurut AHA, rata-rata orang Amerika mengkonsumsi terlalu banyak sodium dari makanan olahan, makanan kaleng, dan makanan cepat saji. Terlalu banyak kandungan sodium dalam tubuh bisa mengakibatkan tingginya tekanan darah, dan bisa meningkatkan resiko serangan jantung serta stroke.

Menambah asupan pepaya setiap harinya mampu mempertahankan tekanan darah di angka normal. Karenanya, resiko terkena penyakit kronispun bisa diminimalisir. Dibandingkan dengan buah melon dan tomat, buah pepaya mengandung potassium tertinggi yaitu 781mg per buahnya.

Untuk meningkatkan konsumsi pepaya setiap hari, bisa dengan cara menambahkan pada salad atau es buah. Buah yang manis segar ini juga enak diolah menjadi jus ataupun milkshake. Pepaya juga dengan mudah ditemui di toko buah hampir sepanjang tahun, harganyapun tergolong murah dengan nutrisinya yang kaya.


http://2.bp.blogspot.com/-CzrnqIwoSdo/Tk9zz9nJJvI/AAAAAAAAAGU/DiF1tPOykqk/s1600/papaya-lg.jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.