5 Pantai Berpasir Hitam di Dunia

Jumat, 27 April 2012

Share This Article On :
Ternyata banyak pantai di dunia ini yang memiliki pesisir berwarna hitam, namun tetap memiliki keindahan tersendiri. Ketika setiap orang memuji keindahan pantai berpasir putih lembut, dengan hamparain lautnya yang biru, namun kehadiran pantai berpasir hitam mengundang decak kagum terhadap perjalanan bumi yang kita tinggali. Berikut adalah 5 pantai berpasir hitam:
1. Pantai Punaluu, Hawaii
Terletak di Kepulauan besar Hawaii, merupakan pantai yang memiliki pasir paling hitam di dunia. Pantai Punaluu dikelilingi oleh pasir hitam akibat lava vulkanik yang masuk keperairan samudera, kemudian menjadi dingin dan tergerus oleh arus air laut hingga ke pesisir. Pantai Punaluu ini memiliki banyak karang sehingga para pengunjung harus hati-hati ketika berenang. Walaupun berpasir hitam, Pantai Punaluu sangatlah indah, terlebih memiliki ke khas hayati salah satunya kura-kura Hawksbill.

Pantai Punaluu, Hawaii (Sumber: smilepanic.com)

2. Pantai Waianapanapa, Maui
Seperti halnya Pantai Punaluu, Waianapanapa terletak di Kepulauan Maui.  Memiliki pasir hitam yang diakibatkan dari gerusan dan goncangan ombak yang melewati karang vulkanis selama bertahun-tahun. Pantai ini memiliki sebuah goa laut, jembatan alam  yang terbuat dari batu, dan King Highway kuno (jalan raja kuno). Jalan ini melingkari pulau. Namun kondisi Pantai Waianapanapa ini memiliki kondisi perairan yang dipengaruhi oleh pergantian musim. Saat musim dingin tiba, keadaan perairan terutama ombak sangat ekstrim sehingga para pengunjung sebaiknya tidak melakukan kegiatan selancar dan menyelam. Namun di musim lainnya, keadaan pantai sangat tenang dan menyenangkan untuk berselancar, kayak, dan menyelam.

Pantai Waianapanapa, Maui (Sumber: deviantart.net)

3. Pantai Kaimu, Hawaii
Pantai Kaimu, walaupun berbahaya, merupakan pantai yang memiliki pasir hitam yang cukup pekat. Selama tahun 1990 pantai ini diselimuti lava. Namun seiring perputaran waktu, masyarakat yang tinggal di sekitar pantai mulai menanami daerah pesisir dengan pepohonan seperti palem, kelapa, dan lainnya. Namun sangat dilarang untuk berenang dan melakukan kegiatan lainnya di atas maupun di bawah permukaan air.

Pantai Kaimu, Hawaii (Sumber: wordpress.com)

4. Pantai Berpasir Hitam, Prince William Sound, Alaska
Pantai ini terletak sekitar 60 mil dari pelabuhan, Alaska. Di pantai ini Anda akan melihat sungai es, air terjun, pegunungan hijau, serta flora-fauna yang belum Anda lihat di tempat lain. Pantai esnya memantulkan warna langit yang biru. Di pantai ini satu-satunya kegiatan yang menarik adalah mendayung kayak. Satu hal yang perlu diingat, untuk pergi ke pantai ini pengunjung perempuan tidak perlu menggunakan bikini, bahkan sebaliknya gunakan pakaian setebal mungkin.

Pantai Berpasir Hitam, Prince William Sound, Alaska (Sumber: koranbaru.com)

5. Pantai Vik, Islandia
Pantai Vik terletak di bagian selatan Islandia. Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda bahwa pantai Vik ini merupakan salah satu pantai terindah di dunia, bahkan masuk ke dalam nominasi sebagai pantai terindah di bumi pada tahun 1991. Wilayah Pantai Vik merupakan yang terlembab di Islandia, jadi pastikan anda tidak mengunjungi pantai saat hujan turun. Walaupun bukan tempat yang nyaman untuk merebahkan dan berjemur di pantai, namun Pantai Vik layak untuk dikunjungi. (**)

Pantai Vik, Islandia (Sumber: julieeagleton.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.