5 Jembatan Terindah yang Pernah Dibangun

Jumat, 13 April 2012

Share This Article On :
Jembatan terkadang dijadikan parameter pembangunan dan kecanggihan teknologi sebuah negara. Ada pula yang menempatkannya sebagai simbol seni. Berikut ini 5 jembatan yang paling mengagumkan di dunia:

1.  Jembatan Rolling, Inggris
Didesain oleh Heatherwick Studio, jembatan yang memperoleh penghargaan ini berlokasi di Paddington Basin, London. Jika jembatan pada umumnya menerapkan sistem konvensional saat kapal melintas, maka jembatan ini menggulung hingga akhirnya membentuk lingkaran. Dengan panjang 12 meter yang terbuat dari baja dan kayu, jembatan ini dikendalikan sistem hidrolik yang bisa membuatnya menggulung.

Jembatan Rolling, Inggris



2. Jembatan Teluk Hangzhou, China
Menyebrangi Teluk Hangzhou, jembatan ini adalah jembatan yang melintasi lautan terpanjang di dunia dengan panjang 35, 673 km. Jalannya terdiri atas enam jalur dengan dua arah berlawanan. Jembatan ini dibuat dengan tujuan memotong waktu perjalanan dari Shanghai ke Ningbo, dari biasanya 4 jam jadi 2,5 jam. Dibuka ke publik pada 1 Mei 2008, jembatan ini menghabiskan biaya sekitar US$1,4 miliar.

Jembatan Teluk Hangzhou



3.  Jembatan Ombak Henderson Waves, Singapura
Dengan tinggi 36 meter dari jalanan, ini merupakan jembatan bagi pejalan kaki tertinggi yang ada di Singapura. Panjangnya sendiri mencapai 300 meter dengan  bentuk seperti ombak, jembatan ini melintang di atas taman antara Mount Faber dan Telok Blangah Hill.

Jembatan Henderson

4. Jembatan Millau, Prancis
Menjulang setinggi 1.125 feet di atas Lembah Tarn di Prancis Selatan, mengemudi di sepanjang Jembatan Millau disebut-sebut seolah terbang. Proyek Foster + Partners ini dibangun selama tiga tahun dan dibuka untuk umum pada tahun 2004. Meski memberikan pemandangan yang indah di lembah di bawah jembatan, sekalinya kabut turun, mereka yang lemah hati disarankan tidak melihat ke bawah. Jembatan Millau memiliki total panjang 8.071 feet jembatan ini dinilai sama indahnya saat masih dalam rancangan gambar maupun saat direalisasikan.

Jembatan Millau


5. Jembatan Banpo, Korea Selatan
Pada 9 September 2008, Jembatan Banpo di Korea Selatan diberi sentuhan di depan berupa pemasangan 10.000 nozzle air mancur di kedua sisinya. Segera setelah dipasang, jembatan ini menjadi obyek wisata sebagai jembatan yang memancarkan 190 ton air per menit yang berasal dari sungai di bawahnya. (**)

Jembatan Banpo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.