Wow, Ada Serangga Pemakan Katak Hidup

Jumat, 13 April 2012

Share This Article On :
Katak makan serangga hidup-hidup, itu hal biasa. Namun, bagaimana dengan serangga yang memakan katak hidup-hidup? Hal inilah yang terkuak dalam sebuah penelitian dari Universitas Tel-Aviv. Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa sebuah kumbang dari genus Epomis, melahap seekor amfibi yang memiliki tubuh lebih besar. Hebatnya lagi, sang mangsa dilahap hidup-hidup oleh sang predator.

Katak dimakan Serangga Epomis (Sumber:wenewsit)
Serangga Epomis (Sumber:entomologia)
Gil Wilsen, salah seorang peneliti, menuturkan bahwa umumnya amfibi merupakan predator serangga yang salah satu menunya adalah kumbang dewasa. Namun, video terbaru yang direkam olehnya memperlihatkan serangan yang dilakukan kumbang terhadap kodok dan katak. Lebih lanjut, Wilsen menuturkan bahwa hal ini merupakan penemuan baru dalam interaksi antara amfibi dan serangga sekaligus mendokumentasikan fenomena yang tidak biasa, yaitu hewan invertebrata memangsa hewan vertebrata.

Wilsen sendiri menggunakan 2 jenis Kumbang Epomis, yaitu Epomis dejeani dan Epomis circumscriptus. Keduanya bisa ditemukan di pesisir pantai Israel. Pada penelitian sebelumnya, menunjukan bahwa larva Kumbang Epomis memakan amfibi yang telah mati. Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan daur hidup kumbang. Namun, pada penelitian terbaru, memperlihatkan bahwa Kumbang Epomis juga memangsa hidup-hidup amfibi.

Lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa Epomis awalnya berbagi tempat tinggal dengan mangsanya pada siang hari. Namun, mereka akan segera memangsanya ketika gelap mulai datang. Di laboratorium sendiri, kebiasaan kumbang dewasa memangsa dihadapkan pada 5 jenis amfibi, yaitu: Katak Hijau (Bufo viridis), Kata Savignyi (Hyla savignyi), Katak Hijau Levant (Rana bedriagae), Kadal Banded (Triturus vittatus), dan Salmander Api (Salamandra salamandra infraimmaculata). Penelitian ini memperlihatkan bahwa kedua jenis Kumbang Epomis memiliki menu yang sama pada sebagian jenis amfibi. Kecuali untuk spesies Epomis dejeani yang memangsa Kadal Banded.

Hasil penelitian ini memberikan bukti tambahan bahwa Kumbang Epomis, baik larva maupun dewasa, merupakan predator amfibi. Wah serem! (**)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.