Mahasiswa yogya Ciptakan Sikat Gigi degan Alarm

Senin, 09 April 2012

Share This Article On :
 - Salah satu tugas dan tanggung jawab orangtua adalah memperhatikan kebutuhan anak-anaknya. Namun, rutinitas dan kesibukan orangtua menjadi alasan kurangnya perhatian terhadap anak-anak.

Salah satunya adalah mengingatkan anak-anak untuk rutin menggosok giginya setiap pagi dan sore hari demi kesehatan gigi dan mulutnya.
 Dengan latar belakang itu, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (TE-UMY), Andi Sugiarto, bersama kedua dosen pembimbingnya, Iswanto dan Anna Nur Nazilah Chamim, berhasil menciptakan jam digital pengingat gosok gigi untuk anak.

Andi mengungkapkan, alat tersebut terdiri dari beberapa komponen yangmemiliki fungsi masing-masing.

“Alat-alat ini terdiri dari komponen jam digital yang berfungsi untuk menunjukkan waktu, komponen perekam suara alarm yang berfungsi untuk merekam bunyi alarm yang diinginkan, serta dua buah pengeras suara atau speaker yang mengeluarkan bunyi alarm pagi dan sore," kata Andi, Rabu, 4 Januari 2012.

Lebih lanjut andi menjelaskan cara kerja dari jam digital ini tidak begitu rumit dan mudah digunakan oleh penggunanya.

“Untuk cara kerja alat ini, pertama pengguna harus menentukan waktu yang tepat agar jam alarm ini berbunyi. Waktu tersebut ditentukan pada pagi dan sore hari sesuai dengan waktu anak-anak menggosok gigi," ucap Andi.

"Setelah waktu alarm ditentukan, maka tahap selanjutnya pengguna memilih suara alarm yang akan dibunyikan.”

Untuk suara alarm, tersedia dua pilihan. Pertama, bisa menggunakan lagu anak-anak. Kedua, menggunakan suara bapak atau ibunya yang seakan-akan mengingatkan anaknya untuk gosok gigi yang direkam secara langsung, dan berdurasi 15 detik.
Karena memiliki dua buah speaker, maka suara alarm pagi akan berbunyi di speaker sebelah kanan. Sedangkan alarm sore akan berbunyi pada speaker sebelah kiri.  "Selain alat ini sangat berguna, dalam prosesnya pembuatannya alat ini tidak memakan biaya yang mahal," tutur Andi.

Andi berharap jam digital pengingat gosok gigi ini dapat dikembangkan lebih baik lagi dan bermanfaat bagi orang tua yang memiliki segudang kesibukan dan rutinitas.

“Jam digital ini dapat dikembangkan lebih baik, sehingga benar-benar dapat membantu orang tua yang sibuk dengan pekerjaan  untuk mengingatkan anak-anaknya dalam hal menggosok gigi,” harapnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.