9 Cara Mencerdaskan Otak

Kamis, 24 Mei 2012

Share This Article On :



Cara berfikir sehat ?
Tanamkan dalam diri kita bahwa disemua sisi kehidupan sudah diatur oleh sang pencipta langkah awal tentu kita berencana lalu berusaha yang diiringi dengan doa dan lihat hasilnya, kurang lebihnya dari yang kita dapat harus disyukuri.itu yang namanya berserah diri pada pencipta dan pandai berterima kasih atas yang kita terima
kemudian tidak lupa meyakini bahwa pertama semua hasil telah ditentukan olehNya kedua bahwa dari setiap peristiwa terdapat pelajaran hidup yang dapat dipetik sebagai pengalaman hidup.ingatlah factor utama penyebab stress adalah bahwa kita menganggap semua itu bersumber dari kita (ego centris) padahal di setiap langkah kita tidak lepas dari pengawasan Nya
Kadang kita berfikir seandainya sebuah rencana berhasil itu karena hasil kerja kita seandainya gagal juga dari diri kita padahal semua sudah diatur, ada campur tangan pencipta pada setiap langkah kita.

Berikut ini adalah 9 Cara mencerdaskan otak :

1. Gunakan dosis EPA secukupnya

EPA adalah minyak ikan yang merupakan nutrisi bagi otak, Anda semua tentunya sudah mengetahuinya. Banyak peneliti mengatakan bahwa minyak ikan dapat peningkatan aktivitas pada otak kita, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi sehingga kerja otak Anda semakin maksimal.


2. Hubungan Seks secara teratur

Hubungan seks secara teratur dapat melepaskan senyawa kimia yang dapat meningkatkan kinerja otak, menurut sumber dari buku yang berjudul “Teach yourself. Training your brain” yang ditulis oleh seorang Dosen Senior sekaligus ahli Biologi. Seks merupakan bentuk sempurna untuk menyokong kinerja Otak, dan juga dapat meningkatkan peredaran darah ke otak sehinggga dapat mengurangi beban pikiran Anda karena stress.


3. Melatih Otak dengan teka teki
Teka-teki silang, Sudoku dll. sesungguhnya dapat memaksimalkan otak Anda agar tetap pada kondisi terbaik. Seperti halnya otot-otot yang Anda miliki, jika Anda tidak berlatih secara reguler maka otot-otot yang Anda miliki akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.


4. Pergi berjalan kaki

Berjalan kaki mencari udara udara segar dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Anda bisa melakukan ini pinggiran kota , dekat sungai atau taman dan ini akan membantu Anda menyingkirkan tekanan mental dan membantu pikiran Anda tetap jernih.


5. Mempelajari bahasa baru

Mempelajari bahasa baru akan membuat otak Anda mendapatkan sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun seperti artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan yang pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik. Jadi cepat buruan mempelajara bahasa-bahasa baru yang ingin Anda pelajari.


6. Banyak Tertawa

Banyak tawa bukan saja merupakan obat yang terbaik untuk kesehatan, tertawa juga dapat meningkatkan fungsi kerja otak Anda dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan Anda tertawa setiap harinya. Asal jangan tertawa sendiri tanpa sebab.


7. Menjadi Orang yang kreatif

Belajar melukis atau mempelajari alat musik yang baru bersama orang lain atau Anda bisa bergabung dengan kelas kesenian memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.


8. Belajar Melempar

Penelitian dari Universitas Regensburg di Jerman menunjukkan bahwa seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama 3 bulan, otak seseorang akan menunjukan peningkatan signifikan pada 2 bagian yaitu : mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri. Melempar bukan hal yang mudah itu pun harus di ikuti latihan secara rutin teratur.

9. Melihat kembali sifat kekanak-anakan Anda
Einstein pernah berkata bahwa imajinasi yang Anda miliki itu lebih penting dari pada pengetahuan yang Anda ketahui itu pun telah dibuktikan dengan beberapa eksperimen yang akhirnya bisa menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2). Jadi latihlah imajinasi Anda seperti semasa kecil Anda dulu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.