Kenapa Daerah Selangkangan Suka Gatal

Kamis, 24 Mei 2012

Share This Article On :
Kadang-kadang ada beberapa perempuan yang mengalami gatal dan kalau tersentuh keluar jerawat serta terasa sakit di sekitar wilayah selangkangannya. Ada yang hanya terjadi pada saat menstruasi saja. Kalau menstruasi selesai, jerawat itu tiba-tiba hilang sendiri ada juga yang sering gatal sehabis berkeringat. Bagaimana ya cara mengobatinya dan bagaimana memutihkan daerah selangkangan yang berwarna kecoklatan?

Umumnya gatal dan jerawat sekitar selangkangan ini akibat terjadi infeksi jamur terutama adalah jamur penyebab keputihan, Candida albicans. Infeksi jmur ini tidak hanya dapat terjadi pada selangkangan, namun bisa juga pada bagian lipat perut, lipat bawah payudara, jemari tangan, dan juga sela jemari kaki.

Infeksi jamur ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan sekitar kemaluan. Perempuan Asia cenderung mengalami kelembaban di selangkangan karena setiap kali cebok selalu memakai air. Air cebokan yang menyisa di sekitar kemaluan dan selangkangan yang mengundang jamur datang, sehingga penting sekali untuk memastikan selangkangan kering setelah berkemih, misalnya dengan tisu.

Kelembaban selangkangan juga dapat terjadi saat terlambat mengganti pakaian dalam dan pembalut wanita, pakaian dalam yang digunakan belum sepenuhnya kering setelah dicuci, atau mandi kurang sempurna sehingga selangkangan tidak tersentuh sabun.

Sedangkan untuk jerawat yang muncul di daerah selangkangan itu biasanya karena sumbatan kelenjar lemak di bawah kulit. Ini bisa terjadi karena sama seperti di atas yaitu kurang menjaga kebersihan daerah tersebut, atau juga karena terjadi infeksi. Untuk mencegah agar jerawat ini tidak sering muncul, tentu dengan menjaga kebersihan dan kesehatan daerah tersebut. Anda bisa menggunakan sabun pembersih khusus daerah intim perempuan yang banyak dijual bebas. Namun, jika belum juga sembuh, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kandungan.

Untuk daerah selangkangan, daerah ini memang cenderung memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan daerah lainnya karena daerah ini cenderung sangat tertutup, dan hampir setiap kali bergesekan dengan sisi lainnya. Jadi sekalipun Anda memakai krim pemutih, bila daerah tersebut selalu terkena gesekan (termasuk trauma karena gesekan celana denim yang terlalu ketat), kemungkinan semua perawatan yang Anda jalani tidak akan memberikan hasil yang memuaskan.

Sebenarnya kulit yang berwarna gelap di daerah selangkangan ini perlahan-lahan dapat memutih bila seluruh tubuh juga memutih. Ini bisa diperoleh dengan menjalani perawatan untuk mencerahkan kulit. Selain itu, bisa juga dengan memberikan krim pemutih (yang bisa didapatkan di apotek-apotek besar) pada daerah tersebut. Disarankan ntuk membasahi kapas dengan minyak kayu putih, lalu menggosok bagian yang berwarna gelap dengan kapas tersebut. Namun, kedua cara ini memerlukan ketekunan dan kesabaran karena memerlukan proses agak lama.

Perlu diketahui juga, warna hitam pada selangkangan bisa dihilangkan jika hanya mengenai kulit permukaan. Jika telah mencapai bagian dalam kulit akan semakin sulit menghilangkannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.