Tips untuk Membantu Mencegah Pelecehan Cyber

Senin, 12 Maret 2012

Share This Article On :
Miliki reputasi digital. Kendalikan profil digital kamu, dan pastikan kamu menampilkan diri sebaik-baiknya saat online. Internet adalah ruang publik, jadi hanya bagikan foto atau rincian pribadi yang ingin kamu bagi dengan guru, rekan kerja, atau atasan. Pastikan kamu bangga dengan postingan kamu dan pandangan dunia terhadapmu.
Kendalikan informasi pribadimu. Percakapan internet menjagamu tetap terhubung dengan teman, tetapi menjaga percakapan (dan nama/profil pengguna) tetap bebas dari informasi pribadi seperti kata sandi, nama lengkap, atau bahkan nama sekolah itu juga penting.
Bersikaplah baik (dan pertahankan). Hormati dan perlakukan orang lain dengan baik seperti halnya yang kamu harapkan dari orang lain. Jika seseorang bersikap tidak hormat atau melecehkan kamu, berusahalah mengabaikan mereka, dan gunakan alat privasi untuk memblokir mereka agar tidak melihat profil lengkapmu dan menghubungimu. Jika hal ini tidak berhenti, beri tahu orang dewasa yang dapat dipercaya.
Ketahui hakmu. Kamu berhak untuk tidak menanggapi email atau pesan lainnya yang tidak pantas atau membuatmu ketakutan. Jika mendapat pesan yang tidak menyenangkan, jangan dibalas. Sebaliknya, tunjukkan kepada orang tua, wali, atau orang dewasa terpercaya lainnya dan laporkan kejadian ini ke penyedia layanan Internet kamu.
Lakukan perbincangan keluarga. Jadilah bagian dari percakapan — berbicara dengan orang tua atau wali tidak berarti menyerahkan privasi. Justru semua diuntungkan jika kamu membicarakan aktivitas online, termasuk kapan dan seberapa lama kamu online dan aktivitas apa yang kamu lakukan saat online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.