Kok Bisa, Ayam Beranak Bukan Bertelur?

Kamis, 26 April 2012

Share This Article On :
Seekor ayam betina di Srilanka beranak dan tidak seperti biasanya bertelur dan mengeram lalu telurnya menetas. Pemilik ayam yang tinggal di kawasan pegunungan Srilanka, Ranjith Ekanayake mengatakan bahwa dari enam ayamnya, satu ekor di antaranya tidak mengeram telur.

Ranjith Ekanayake ayam (sumber:infospesial.net,uniknya.com)

Ekanayake kemudian terkejut bahwa ayam betina yang tidak bertelur itu mengeluarkan anak ayam dalam bentuk utuh tanpa telur. Anak ayam itu tumbuh sehat namun induknya mati. Pejabat peternakan pemerintah Srilanka mengatakan ia tidak pernah mendengar kejadian seperti itu sebelumnya. Koran-koran setempat menerbitkan gambar pejabat peternakan itu yang sedang memeriksa kotoran induk ayam.
Ia mengatakan telur ayam berkembang dalam sistem reproduksi ayam betina itu. Di dalam sistem reproduksi induk ayam, telur tersebut mengalami inkubasi selama 21 hari dan menetas sebelum keluar dari induknya. Namun ayam betina itu mati karena pendarahan internal.
Surat kabar Srilanka Daily Mirror dalam judul berita utamanya menyebutkan, “Ayam yang keluar lebih dahulu, bukan telur.”(**)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.