Peneliti Kembangkan Robot yang Bisa Dikendalikan Dengan Pikiran Manusia

Kamis, 26 April 2012

Share This Article On :
Mengendalikan sebuah robot melalui pikiran ternyata bukan lagi sebuah khayalan. Sekelompok Ilmuwan dari Federal Polytechnic School of Lausanne asal Swiss telah menciptakan robot dengan teknologi canggih yang dapat dikendalikan menggunakan pikiran manusia.

 

Robot canggih ini dikontrol menggunakan sebuah topi elektroda melalui gelombang otak. Sistem ini dikembangkan oleh Jose Millan, seorang profesor dari Federal Polytechnic School of Lausanne. Ia memiliki spesialisasi pada bidang non-invasive interfaces antara mesin dan otak manusia.
Sistem kendali robot tersebut untuk pertama kalinya didemonstrasikan oleh orang yang mengalami kelumpuhan. Sistem kendali robot tersebut diujicobakan dengan cara digunakan untuk menggerakan kursi roda di sebuah rumah sakit.

 

Sayangnya, teknologi ini memiliki keterbatasan yaitu sinyal otak akan teracak jika terlalu banyak orang yang berkumpul di sekitar penguji. Tapi, Jose Millan mengatakan bahwa sistem kendali robot ini bukan hanya bisa digunakan untuk menggerakan kursi roda saja, tapi juga bisa digunakan untuk membantu memulihkan indera perasa pasien.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.