[AMAZING] Penampakan Mikroorganisme Dilihat Pake Mikroskop

Minggu, 06 Mei 2012

Share This Article On :
Hal-hal Yang Mesti Agan Ketahui Tentang Mikroorganisme :


  • Mikroorganisme atau mikroba adalah organisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan yang bernama mikroskop.
  • Mikroorganisme seringkali bersel tunggal (uniseluler) maupun bersel banyak (multiseluler)
  • Namun, beberapa protista bersel tunggal masih terlihat oleh mata telanjang dan ada beberapa spesies multisel tidak terlihat mata telanjang. Virus juga termasuk ke dalam mikroorganisme meskipun tidak bersifat seluler.
  • Ilmu yang mempelajari mikroorganisme disebut mikrobiologi.
  • Mikroorganisme berbeda dengan sel makrooganisme. Sel makroorganisme tidak bisa hidup bebas di alam melainkan menjadi bagian dari struktur multiselular yang membentuk jaringan, organ, dan sistem organ. Sementara itu, sebagian besar mikrooganisme dapat menjalankan proses kehidupan dengan mandiri, dapat menghasilkan energi sendiri, dan bereproduksi secara independen tanpa bantuan sel lain.
Sumber : Wikipedia
Pernahkah agan melihat mikroorganisme ? Jika agan praktek Biologi di sekolah atau praktek mata kuliah yang berkaitan dengan mikroorganisme pastinya pernah melihat wujud benda tersebut. Namun umumnya yang terlihat struktur koloninya saja coz biasanya kita menggunakan mikroskop cahaya. Artinya gak semua mikroskop mampu menampilkan wujud fisik dari mikroorganisme secara spesifik. Agar bisa melihat struktur tubuh mikroorganisme sampai perbesaran 2 juta kali dilakukan menggunakan mikroskop elektron, bentuknya seperti gambar di bawah ini.


Diagram transmisi dari sebuah mikroskop eletron seperti ini gan

Spoiler for diagram:

Inilah hasil kerja mikroskop elektron. Ternyata penampakan mikroorganisme seram gan, wujudnya mirip monster dalam buku atau film. Langsung aja Cekidot !!
Spoiler for 1:

Spoiler for 2:


Spoiler for 3:

Spoiler for 4:

Spoiler for 5:

Spoiler for 6:

Spoiler for 7:

Spoiler for 8:

Spoiler for 9:

Spoiler for 10:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.