Wanita Punya Tubuh Tinggi Beresiko kena Kanker Ovarium

Minggu, 06 Mei 2012

Share This Article On :




Ilustrasi
Ilustrasi
Ini dia lima penyakit yang dikaitkan dengan tinggi badan.
JAKARTA, Jaringnews.com - Ternyata tak hanya berat badan saja yang bisa memicu penyakit, tinggi badan pun berkaitan dengan ragam masalah kesehatan.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan, wanita tinggi memiliki peningkatan 10 kanker yang berbeda, termasuk kanker payudara dan kanker kulit. Sementara itu, peningkatan tinggi badan laki-laki bisa memicu risiko kanker prostat.

Hal tersebut baru satu contoh dari beberapa penyakit yang dipicu dari tinggi badan. Seperti dilansir ABC News, ini dia lima penyakit yang dikaitkan dengan tinggi badan:

1. Kanker
Menurut US Centers for Disease Control and Prevention, wanita tinggi berisiko terkena kanker ovarium, penyakit yang membunuh hampir 1.500 wanita di Amerika Serikat (AS) tiap tahunnya. Peneliti Inggris juga meninjau data dari 47 penelitian yang melibatkan 100 ribu perempuan. Untuk setiap lima sentimeter penambahan tinggi badan, risiko kanker naik menjadi tujuh persen.

Pada bulan Juli 2011, sebuah penelitian yang diterbitkan di Lancet Oncology menyebutkan, wanita tinggi memiliki peningkatan risiko 10 kanker yang berbeda, termasuk kanker payudara dan kanker kulit. Sementara itu, menurut studi di tahun 2008 yang diterbitkan jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, laki-laki juga memiliki risiko kanker prostat.

2. Penyakit jantung
Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di AS. Sekitar 616 ribu orang meninggal tiap tahunnya. Sebuah penelitian meninjau 52 penelitian yang melibatkan lebih dari tiga juta orang. Hasilnya, orang pendek memiliki risiko 50 persen lebih tinggi mengalami penyakit jantung mematikan daripada orang yang badannya tinggi.

3. Stroke
Seperti penyakit jantung, stroke juga lebih umum berisiko pada orang pendek. Sebuah studi di Israel menyebutkan, dari 10 ribu orang, 364 diantaranya meninggal karena stroke. Pria pendek lebih tinggi mengalami stroke fatal dibandingkan pria tinggi.

4. Alzheimer
Alzheimer Association menyebutkan, penyakit Alzheimer merupakan penyebab paling umum dari kepikunan pada orang tua, yang mempengaruhi 5,4 juta warga AS. Menurut sebuah studi 2007, risikonya juga lebih tinggi pada orang yang lebih pendek.

Penelitian ini membandingkan 239 pasien Alzheimer dengan 341 orang sehat. Hasilnya menunjukkan, pria dengan tinggi lebih dari lima kaki 10 inci memiliki 59 persen lebih rendah terkena penyakit ini, dibandingkan laki-laki yang lebih pendek lima kaki enam inci. Studi ini sendiri dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer.

5. Diabetes
Bila diabetes tipe 2 dikaitkan dengan berat badan, maka diabetes tipe 1 dikaitkan dengan tinggi badan. Menurut sebuah penelitian 2002 yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, tinggi anak umumnya mempengaruhi risiko pengembangan diabetes mellitus tipe 1, kecuali pada masa bayi atau awal masa remaja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.