Nenek Lincah 93 Tahun Jadi Guru Yoga Tertua di Dunia

Sabtu, 26 Mei 2012

Share This Article On :

http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2012/01/24/article-0-116B5AF8000005DC-694_640x577.jpg
Meski usianya sudah menginjak angka 93 tahun, tak membuat Tao Porchon-Lynch berhenti berlatih yoga. Di usianya yang tak muda lagi, ia bahkan menjadi guru yoga tertua di dunia.

Gelar itu resmi didapatkannya dari Guinness World Records. Usianya memang 93 tahun, tetapi saat berlatih yoga ia bisa berpose secara sempurna. Melatih yoga dan tari adalah hal biasa baginya dan membuktikan bahwa umur hanyalah angka bagi nenek lincah ini.

Porchon-Lynch telah menjalani kehidupannya yang sempurna, seperti menikah, acting, modelling, menari burlesque, bahkan marching bersama Gandhi sebanyak dua kali.

Kini ia menyandang gelar baru yang diberikan Guinness World Records, yaitu menjadi guru yoga tertua di dunia.

"Saya akan mengajarkan yoga sampai saya tidak bisa bernapas lagi, kemudian saya akan 'terbang ke planet selanjutnya'. Saya mencintai yoga, ini menceriakan hariku dan membuat semua orang tersenyum," ujar Tao Porchon-Lynch, seperti dilansir Telegraph, Kamis (24/5/2012).

Pada hari Senin, Tao mengajarkan kelas untuk kelompok mahasiswa di sebuah studio tari di Harstdale, 25 mil di luar New York City. Dia mendorong siswa untuk menemukan jangkauan pose terdalam dan mengatakan ia juga menggunakan standar yang sama.

Tao pernah melakukan penggantian pinggul dan dokter mengatakan padanya bahwa ia tak akan bisa lagi melakukan gerakan-gerakan yoga. Tapi ia percaya dan yakin bisa melakukannya.

"Saya katakan saya tidak ingin tahu apa yang saya tidak bisa, karena saya tidak percaya itu. Saya mengirimkannya (sang dokter) foto saya sedang yoga dengan gaya teratai saat kaki di atas. Dia menelepon dan mengatakan saya wanita ajaib," jelasnya.

Tao mulai tertarik dengan yoga sejak ia berusia 8 tahun. Kala itu, ia sedang mengamati sebuah kelompok lelaki muda yang sedang berlatih yoga di pantai, di kampung halamannya di Pondicherry, India. Saat itu juga ia memutuskan untuk bisa melakukan apa yang laki-laki bisa lakukan.

Dia telah mengajar yoga secara profesional selama 61 tahun, walaupun baru sejak usia 73 tahun ia memutuskan untuk benar-benar fokus menjadi instruktur yoga.



Namaste: Tao Porchon-Lynch has been teaching yoga to students in India, France, and the USA for more than 45 years including certifying 400 other teachers
Namaste: Tao Porchon-Lynch mengajarkan yoga selama 45 tahun di berbagai negara seperti India, Perancis dan Amerika.
Tao Porchon-Lynch, 93, has been practicing yoga for over 70 years while growing up in India. She has been teaching students in India, France, and the USA for more than 45 years
Tao Porchon-Lynch, 93, lebih dari 70 tahun mempraktekan ilmu yoganya dan mengajarkannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.