Seberapa Berat sih Mencari Jati Diri Bagi remaja..?

Selasa, 13 Maret 2012

Share This Article On :
 Seberapa Berat sih Mencari Jati Diri Bagi remaja..?
Seberapa Berat sih Mencari Jati Diri Bagi remaja..?, Seberapa Berat sih Mencari Jati Diri Bagi remaja..?Mencari jati diri adalah pengalaman yang luar biasa, semua orang pasti pernah mengalaminya, keadaan ini biasanya terjadi saat remaja, tapi tidak jarang orang dewasa juga masih menjalani proses yang satu ini, tapi bedanya kalau masih remaja biasanya kita akan cenderung mencari jati diri yang lebih umum seperti siapa saya, saya harus bagaimana, dan lain sebagainya. tetapi untuk orang dewasa kecenderungan ini agak sedikit bergeser dan menjadi lebih komplek seperti apa tujuan hidup saya, untuk apa saya disini dan lai sebagainya…
disini saya akan membahas tentang pencarian jati diri remaja saja karena bahasannya lebih ringan dan lebih muda dipahami dari pada pencarian jatidiri orang dewasa, dan karena saya juga baru beranjak dewasa jadi belum banyak pengalaman di bagian dewasa. :p agar lebih muda di fahami saya bahas secara singkat tiap bagian dari kehidupan remaja yang biasanya dilalui remaja pada masa pencarian jati diri.

  • Remaja biasanya Mencari petunjuk dalam berbagai media masa setak dan elektronik seperti koran, tabloid, majalah bagi kaum muda dengan item di Internet. Hal ini sering kali dilakukan oleh remaja yang suka membaca, atau memiliki keingintahuan yang tinggi.
  • Selain itu Melalui interaksi dengan teman sebaya juga sering kali dilakukan oleh remaka. Secara umum, remaja lebih nyaman dalam pertukaran ide dengan teman dekat sebagai keluarga. Untuk sebagian besar waktu mereka berada dalam lingkungan sosialisasi, seperti teman sekolah. Secara umum, mereka mengidentitaskan dengan kelompok teman-teman, dan tidak ingin orang lain yang tidak memiliki efek atau tanda bahwa ia telah mengajukan banding, benar.
  • Dengan simbol yang dapat menunjukkan status mereka. Seperti hanya ingin mengenakan pakaian, sepatu, merek tas, seperti Astaga, Roxy, Billabong, Nike, Adidas, Volcom, ripcurl dan banyak lagi. Mereka akan membangun harga diri mereka dengan diri mereka sendiri dalam satu bentuk kelompok mengidentitaskan.
  • Pencarian jati diri di kalangan remaja kadang kala dengan perbuatan menyimpang atau bentuk kejahatan. Biasanya dimulai dengan pengakuan dan penerimaan diri dalam kelompok dengan orang yang salah. Pada umumnya, mereka memiliki beberapa hal, sementara kesenangan berbahaya dan orang dewasa biasanya dilakukan, seperti obat atau alkohol, seks bebas, dan merokok. (yang ini jangan ditiru ya, karena selain berbahaya juga akan membentuk keperibadian yang buruk saat dewasa nanti, selain itu jati diri yang di cari tidak akan pernah di capai)
  • Kadang-kadang dengan pemberontakan sebagai tanda bahwa mereka ingin sebagai dewasa. Kadang-kadang pemberontakan juga merupakan pemisah dari bayangan identitas dan karakter orang tua terhadap dirinya, untuk pengakuan teman-temannya di lingkungan sosial mereka.
  • Mengidolakan dan meniru seseorang. Kadang-kadang mereka bereksperimen mngidentitaskan atau meniru karakter dari orang lain, seperti selebriti, idola menyanyi, atau sosok yang menarik dan terkenal lainnya. Tapi jika terus menerus sehingga anak ini kehilangan identitasnya.
wah.. ternyata saat-saat remaja tidak semudah dan senikmat yang di lihat ya, remaja harus pandai memilih mana yang baik untuk dirinya sekarang dan di masa depan. sekali salah langka fatal akibatnya, jadi untuk remaja-remaja yang lagi mencari jati diri hati-hati kalau mau mengambil keputusan karena apa yang dilakukan sekarang akan berimbas untuk masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.