10 Robot yang Bisa Menguasai Dunia

Selasa, 03 April 2012

Share This Article On :

1. Robot Pemanjat (Tailless Timing Belt Climbing Platform)


 
 Selama ini tokek hanya mampu menginspirasi manusia sebagai contoh pola tato atau sablonan kaus. Namun kini binatang itu telah berhasil menginspirasi robot yang lihai memanjat. Seorang ilmuwan dari Simon Fraser University berhasil membangun sebuah mesin yang mampu mendaki dinding dengan bergerak seperti tank. Ia juga memanfaatkan bahan perekat untuk bisa menempel seperti sebuah tokek,dan mengembangkan 'mangkuk hisap', cakar atau magnet. Tak hanya itu, robot ini juga memiliki sensor-sensor yang mampu mendeteksi kondisi sekitar dan mengubah-ubah arahnya.



2. Robot Anjing (BigDog)
BigDog adalah robot yang sangat menyeramkan dalam arti sebenarnya. Bila Anda tak percaya, silakan tonton bagaimana kemampuan BigDog saat bergerak. Robot ini begitu ulet dan tak terhentikan. Robot yang gerakannya lebih mirip dengan keledai ketimbang anjing itu, didesain mampu membawa barang bawaan para serdadu melintasi medan yang berat. Robot ini bahkan mampu menjaga keseimbangan tubuhnya agar tak terjatuh, kendati ditendang dari arah samping.


3. Robot Bionic (Bionic Handling Assistant)
Seekor gajah menjadi inspirasi bagi robot Bionic Handling Assistant. Robot ini didesain sebagai tangan robot yang terbuat dari plastik. Tapi tak seperti sebuah robot Terminator atau sebuah gergaji mesin, robot ini tak akan melukai. Saat Anda mencoba menyentuhnya, robot ini justru akan mundur, dan meninggalkan Anda utuh-utuh. Ia juga mampu melar dari panjang awal 70 centimeter menjadi sekitar 1,1 meter dan juga bisa digunakan untuk perbaikan mobil di bengkel, pada lini perakitan dan lain-lain.


4. Robot Kecoak (DASH + Wings)
Prediksi popular menyatakan bahwa kecoak akan menjadi satu-satunya binatang yang bertahan hidup setelah pecahnya perang nuklir. Menilik sifat kecoak yang sulit dibasmi, menjadikan binatang ini menjadi sebuah model robot yang berguna. Robot kecoak sepanjang 10-centimeter yang dinamakan Dash itu (kependekan dari Dynamic Autonomous Sprawled Hexapod), didesain oleh para pakar dari University of California. Dengan menambahkan sepasang sayap kepada versi sebelumnya, robot ini memiliki keunggulan mobilitas, mampu berlari lebih cepat, kendati belum mampu mencapai kecepatan yang diperlukan untuk terbang.


5. Robot Bedah (Da Vinci Si)
Bayangkan ketika Anda tersadar dari kondisi terbius, lalu Anda berhadapan sebuah robot dokter bermulti-lengan yang dengan suka cita mengiris bagian-bagian tubuh Anda dalam sebuah operasi. Namun hal itu tak lagi hanya menjadi mimpi buruk Anda. Sebab, robot Da Vinci Si kini merupakan pengganti ahli bedah yang sempurna, bahkan di AS robot ini telah digunakan di berbagai operasi.Robot ini dioperasikan oleh dokter manusia melalui sebuah konsol. Yang memungkinkan mereka untuk bekerja lewat salah satu dari empat lengan robot interaktif yang tersedia. Ini menghasilkan gerakan yang sangat presisi. Kalaupun memang terjadi kesalahan, nampaknya itu lebih disebabkan oleh kesalahan manusia yang mengoperasikannya.


6. Robot Ular Uncle Sam
Robot ular merupakan mesin cerdas yang mampu menjangkau lokasi-lokasi sulit yang tak mampu dijangkau manusia. Robot Uncle Sam ini mampu melakukan berbagai manuver seperti gerakan seekor ular, termasuk memanjat pohon. Pembuat robot ini yakin, suatu saat robot ini akan sangat bermanfaat untuk mencari lokasi para korban gempa bumi.


7. Asimo
Robot-robot masa kini tak hanya lihai meniru mimik binatang, melainkan juga mampu dengan baik meniru gerakan-gerakan manusia. Asimo, robot humanoid ciptaan Honda, misalnya, mampu berlari mirip seperti manusia. Bisa dibilang Asimo adalah robot canggih paling popular di dunia saat ini, sehingga ia sering muncul di berbagai di pertunjukan. Namun, isu yang mengatakan bahwa Asimo membutuhkan 24 kaleng WD40 sebelum penampilannya di publik,ternyata sangat bena


8. Robot Nano Hummingbird
Burung hummingbird bisa dibilang merupakan 'helikopternya' dunia burung. Tak heran bila sebuah purwarupa robot bernama Nano Hummingbird meniru mimik burung Hummingbird, sehingga mampu terbang melayang maupun melaju secara presisi. Robot yang diciptakan oleh AeroVironment itu, memiliki jangkauan sayap sepanjang 16cm dan bobot sekitar 19 gram - sedikit lebih besar dan lebih berat dari ukuran burung hummingbird pada umumnya. Tak seperti sebuah burung betulan robot ini memiliki tubuh yang bisa dilepas-pasang dan dikendalikan melalui sebuah feed video dari kamera video mini yang dipasang di sisi robot. Pengembangan robot ini pun didukung pendanaannya oleh Darpa, sebuah badan militer AS.


9. Robot Ikan
Sekelompok tim periset dari MIT telah membangun robot-robot ikan. Mereka mampu bergerak seperti halnya ikan nyata, kendati tak segesit aslinya. Robot ikan didesain untuk dapat berenang ke semua bagian lautan yang tidak dapat diarungi oleh kendaraan otonom bawah air manapun. Robot ini bisa dimanfaatkan untuk menginspeksi kebocoran minyak dan gas, meneliti kondisidanau dan sungai, bahkan untuk patroli pelabuhan. Robot ikan ini sudah mulaidikembangkan sejak 1994, ketika seorang pakar kelautan dari MIT mendemonstrasikan Robotuna, sebuah mesin sepanjang empat kaki yang digerakkan dengan enam motor. Robot model barunya, kini ditenagai oleh sebuah motor tunggal dan memiliki kurang dari 10 bagian terpisah, termasuk bagian tubuh yang fleksibel yang menjadi rumah dari semua komponen tadi.


10. Robot Berjalan di Air
Berjalan di atas air adalah sebuah kemampuan yang langka. Namun, robot-robot masa kini memiliki berbagai kemampuan, termasuk yang tak dapat dapat dilakukan manusia - termasuk berjalan di atas permukaan air. Robot ini mampu berjalan di atas air seperti layaknya sebuah serangga kecil. Memanfaatkan tekanan permukaan air yang tinggi, robot mungil yang panjangnya 15cm, itu mampu melaju dengan kecepatan hingga 15cm per detik. Ia didukung oleh 10 kaki yang dapat mengambang di atas air, dan gerakannya didorong oleh motor kecil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.