Seperti Inilah Mesin Cuci untuk Tahun 2050

Selasa, 03 April 2012

Share This Article On :
Sebuah konsep mesin cuci yang sangat brilian diciptakan oleh seorang desainer Elie Ahovi. Alat berbentuk lingkaran yang disebut “drum” dengan sebuah “cincin” melayang di tengahnya disebut-sebut sebagai pengganti mesin cuci konvensional untuk tahun 2050. Mesin cuci yang diberi nama Orbit ini tidak memerlukan sabun dan air untuk membersihkan dan mengeringkan cucian. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Alat ini ditenagai baterai yang terdapat di dalam cincin tempat pakaian dibersihkan. Ketika alat ini bekerja, ia akan memproduksi energi baterai akan terisi dengan sendirinya ketika alat ini dimatikan. Hal ini dapat terjadi berkat teknologi induksi.

Ketika Anda memasukkan pakaian kotor ke dalam cincin dan menyalakan alat ini, cincin tersebut akan melayang di tengah-tengah drum dan terjadilah reaksi kimia. Cincin tersebut terbuat dari besi superkonduktif yang ketika bekerja suhunya menjadi sangat rendah karena penggunaan dry ice (liquid nitrogen) yang menyublim menjadi CO2 tanpa proses pencairan. Materi inilah yang akan memisahkan kotoran dari pakaian. Setelah elemen yang tidak diinginkan terpisah dari pakaian, elemen-elemen tersebut akan disaring ke sebuah tabung. Lalu, CO2 yang ada di cincin tersebut nantinya akan menyublim kembali ke wujud asalnya. Say goodbye to laundry soap and water!

Dry ice terlah banyak digunakan oleh industri-industri sebagai salah satu teknik pencucian. Teknik tersebut digunakan pula dalam konsep mesin cuci dan dapat mempersingkat proses pencucian tanpa membuat pakaian menjadi basah, dan tentu saja, alat ini bebas suara bising.

Konsep ini akan digunakan oleh perusahaan ternama Electrolux—walau belum ada kepastian mengenai realisasi nyatanya. Jika konsep ini benar-benar terealisasi, tentunya penghuni apartemen dan pemilik rumah mungil tidak lagi harus menyediakan tempat yang cukup besar untuk meletakkan mesin cuci. Plus, tidak perlu sibuk menyediakan sabun dan air dalam jumlah besar.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.