Inilah Tekhnologi Pengubah Kamera Handphone Menjadi Mikroskop

Selasa, 10 April 2012

Share This Article On :
 - Para peneliti di VTT Technical Research Centre di Finlandia telah mengembangkan aksesori optik yang dapat mengubah ponsel kamera yang biasa menjadi sebuah mikroskop.


Untuk menggunakan perangkat tersebut, pengguna hanya perlu meletakkan sebuah lensa tambahan di depan ponsel kamera. Lensa plastik mikroskop ini kemudian akan bertindak memperbesar benda yang ditempatkan di depannya, sementara lampu LED tambahan yang berada disampingnya akan berfungsi menerangi objek disaat gelap.

Aksesori mikroskopis sendiri memiliki bidang pandang 2mm x 3mm, kedalaman bidang antara 0,05 sampai 0.1mm dan resolusi antara 6-10 mikron.

Pengembang mikroskop mini tersebut merasa percaya diri dan yakin bahwa alat tersebut berfungsi dengan baik layaknya mikroskop standar yang dapat digunakan untuk memperoleh pencitraan berbagai permukaan dan struktur yang kemudian bisa diteruskan sebagai pesan MMS.

Sebuah start-up baru yang disebut Finlandia KeepLoop (Tampere, Finlandia) telah mengeksplorasi potensi komersial dari penemuan terbaru ini, model industri dan pengenalan ke konsumen pertama akan dirilis awal tahun ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.