Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy

Selasa, 01 Mei 2012

Share This Article On :
nternet speedy adalah salah satu provider di indonesia yang berada dibawah naungan Telkom, Penyebaran bandwidthnya menggunakan jalur komunikasi Telkom yang menggunakan jalur yang sama dengan telpon rumahan. Menggunakan modem ADSL standar yang banyak beredar dipasaran. Internet speedy pada awalnya mengeluarkan pake 386 kbp / 64 kbps dan sekarang sudah ada sampai 2 Mb perclientnya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy

Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy
Secara teori internet menggunakan speedy sama halnya menggunakan media koneksi lainnya, tetap akan sama-sama ke jalur international (backbone), yang menjadi perbedaan adalah system paket layanan dan jalur penghubung antara modem sobat sampai pada jalur backbone. Di sinilah sering sekali terjadi perbedaan kecepatan akses internet internet antar wilayah di indonesia, karena sangat terkait dengan kepadatan jalur dan ketersediaan bandwidth tiap daerah masing – masing.

Langkah pertama yang sobat harus ketahui adalah berapa kecepatan download dan upload yang sampai pada modem yang di gunakan. Caranya dengan menggunakan alat mengukur kecepatan internet baca: cara mengukur kecepatan internet . Jika sobat mendapatkan angka yang menghampiri paket langganan misalnya pada pemeriksaan kecepatan internet di dapat angka  950 kbps dan paket langgan 1 Mbps hal ini wajar-wajar saja dan tidak menyalahi prosedur. Tetapi jika angka pengukuran tadi jauh dari paket layanan maka saatnya memeriksa di mana terjadi kesalahan yang mengakibatkan jauhnya angka pengukuran tadi.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy

  1. Kabel Telkom – dari berbagai pengalaman saya menemukan salah satu penyebab internet speedy lambat adalah persoalan kabel telkom (jalur koneksi) yang terlalu jauh dari induknya, atau di sebabkan oleh adanya sambungan kabel yang bermasalah.
  2. Modem – yang kedua adalah modem, jika sobat menggunakan modem standar dari telkom ada baiknya sobat menggantinya dengan yang lebih baik. Apalagi jika modem yang digunakan cepat panas Atau sering putus-putus.
  3. DNS – domain name system ini sedikit dilematis untuk diterpakan. Pada beberapa kasus mengganti DNS pada modem atau komputer yang digunakan akan mempercepat akses ke backbound, Tapi di sisi lain akan membuka firewall yang di buat oleh telkom dengan kondisi seperti ini maka beberapa website yang block oleh telkom (pemerintah) akan tebuka. Salah satu DNS yang sering di gunakan adalah DNS google yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.
  4. Server / Router – selanjutnya adalah penambahan perangkat seperti routerboard mikrotik dan sebagainya. Hal ini bisa saja menjadi penyebab kenapa internet speedy menjadi lambat, penyebabnya adalah kesalahan konfigurasi pada router tersebut. Tapi disisi lain penggunaan router semacam mikrotik akan membantu sobat untuk mengelola koneksi internet yang ada. Sobat bisa membuat firewall, untuk menutup akses ke website yang berbahaya dan mengganggu. Bisa di gunakan untuk membagi bandwidth dan sebagainya.jadi dengan menambahkan alat semacam ini sedikit banyaknya akan mempengaruhi kecepatan internet speedy yang digunakan.
  5. Gunakan Proxy – pada beberapa kasus menggunakan server proxy sendiri akan membantu mempercepat browsing internet sampai beberapa kali lipat. Server proxy bisa di buat sendiri atau menggunakan router board mikrotik. Menggunakan server proxy sendiri akan menghemat bandwidth ketika melakukan aktifitas browsing tapi tidak untuk aktivitas lainnya seperti download atau game online.
Inilah 5 point yang menurut saya penting untuk diperhatikan sebagai Cara mempercepat koneksi internet speedy. Beberapa point di atas bisa di terapkan meskipun tidak menggunakan internet speedy kecuali pada modem. Jika sobat mempunyai cara lain atau pengalaman lain, mari kita saling berbagi mengenai Cara mempercepat koneksi internet speedy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.