Pengertian RAM dan Jenis-jenis RAM

Selasa, 01 Mei 2012

Share This Article On :

 
Pengertian RAM dan Jenis-jenis RAM
Pengertian RAM dan Jenis-jenis RAM

Pengertian RAM Komputer

Pengertian RAM Komputer – RAM atau Random Acces Memory merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memory internal (Internal Memory) bisa juga disebut sebagai memory utama (main memory) dan memory primer (primary memory). Komponen-komponen inilah yang bertuga sebagai pengingat.
RAM merupakan jenis memory yang isinya dapat kita ganti-ganti selama komputer itu hidup dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat.

Jenis-Jenis RAM

  • DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
  • SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.
  • SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari  pada DRAM.
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
  • EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory ini umunya digunakan pada system yang menggunakan Pentium.
Ok saya rasa cukup untuk untuk postingan kali ini yang membahas mengenai Pengertian RAM dan Jenis-jenis RAM. semoga postingan pengertian RAM dan jenis-jenis RAM ini bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.