Sawah Disiram Oli Untuk Mematikan Hama

Rabu, 25 April 2012

Share This Article On :
Spoiler for showpict:


Banyaknya penyakit yang merugikan para petani padi di beberapa wilayah Sidoarjo, membuat mereka kelimpungan dan nekat menyiram lahannya dengan oli atau solar dengan harapan penyakit itu mati. Ulah nekat itu dilakukan sedikitnya lima petani yang ada di Dusun Sumontoro, Desa Plumbungan, Kecamatan Sukodono. Mereka melakukan itu karena sudah habis-habisan memeras otak dan memutar uang. Bahkan beberapa warga Sumontoro ada yang sampai empat kali musim gagal panen. “Orang-orang itu ibaratnya sudah mentok. Jadi oli atau solar dipakai obat untuk mematikan hama,” tutur salah seorang warga Sumontoro.


Menurut warga, oli atau solar yang disiramkan ke sawah itu dialirkan dari pematang dan tanaman padi dipukul pelan dengan kayu. Penyakit atau hama yang menempel pada padi akan jatuh ke air terbawa air dan oli. Saat ditanya Darimana pemikiran itu?, ”Mungkin dilandasi keyakinan dan sudah kepepet, sehingga apapun cara dilakukan,” jawab seorang warga.



Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Pemkab Sidoarjo, Ir Handajani yang dihubungi kaget dengan ulah sebagian warga itu. Pasalnya, penyiraman oli dan solar baru didengarnya. ”Masak sih begitu. Kalau memang itu bisa mematikan itu suatu penemuan baru yang harus diteliti,” katanya dengan nada heran.(II)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.