5 Fakta Menarik tentang Mimpi Buruk

Sabtu, 05 Mei 2012

Share This Article On :

img


Ketika akan berangkat tidur, tentunya Anda menginginkan kondisi badan yang segar ketika bangun di pagi hari. Tetapi kadang seseorang akan terganggu dengan mimpi buruk. Mengapa beberapa orang mengalami mimpi buruk sedangkan beberapa orang lainnya tidak?

Para peneliti melakukan studi untuk mengetahui fakta-fakta di balik muncunya mimpi buruk yang mengganggu tidur malam Anda.

Berikut 5 hal tentang apa yang terjadi di alam mimpi seperti dilansir dari msnbc, Rabu (2/5/2012) antara lain:
http://bagaswajib.files.wordpress.com/2010/08/sleeping_and_dreaming-1727.jpg
1. Mengapa kita bermimpi

Para ilmuwan telah lama bertanya-tanya mengapa seseorang bisa bermimpi. Ilmuwan Sigmund Freud menyatakan bahwa mimpi hanya merupakan efek samping dari gerakan cepat mata ketika tidur.

Seorang psikolog dari Harvard yang bernama Deirdre Barrett berpendapat lain, yaitu mimpi merupakan visualisasi dari hal-hal yang Anda lakukan sepanjang hari dan penelitiannya dipublikasikan pada tahun 2010 dalam pertemuan Association for Psychological Science di Boston.

2. Tidur terlalu larut menyebabkan mimpi buruk

Penelitian yang dipublikasikan tahun 2011 dalam jurnal Sleep and Biological Rhythms, mengungkapkan bahwa orang yang tidur terlalu larut lebih mungkin mengalami mimpi buruk daripada orang yang tidur lebih awal.

Peneliti menduga bahwa hormon stres kortisol yang mengalami kenaikan karena tidur terlalu larut dapat memicu mimpi buruk.

3. Mimpi pria dan wanita berbeda

Berbeda dengan pria yang banyak bermimpi tentang seks, wanita lebih cenderung mengalami mimpi buruk berupa pengalamannya. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilaporkan pada tahun 2009 oleh psikolog Jennie Parker dari University of the West of England.

Mimpi buruk yang dialami wanita dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu mimpi yang menakutkan seperti dikejar-kejar atau hidupnya terancam, mimpi kehilangan orang yang dicintai, atau mimpi bingung.

4. Anda dapat mengontrol mimpi

Penelitian pada tahun 2008 oleh Jayne Gackenbach, seorang psikolog di Grant MacEwan University, Kanada menunjukkan bahwa orang dapat mengontrol mimpinya salah satunya dengan bermain video game.

Dengan bermain game akan membantu mengontrol atau mengubah mimpi buruk mengerikan menjadi mimpi yang menyenangkan.

5. Mimpi buruk mempengaruhi kesehatan Anda

Seolah mimpi buruk saja tidak cukup buruk bagi Anda, gangguan tidur dapat menyebabkan tindak kekerasan, tendangan dan teriakan.

Bermimpi tentang tindak kekerasan dapat menjadi tanda awal gangguan otak, termasuk penyakit parkinson dan demensia, menurut penelitian yang diterbitkan online pada 28 Juli 2010 dalam jurnal Neurology.
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRXH4jHLZZ60Mx64saabUyhJWD0A7CXJhgTmuxSgdYMu_MiuzzmLmE_6aSFIw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.