60 Persen Senjata Kimia Rusia Dimusnahkan

Jumat, 23 Maret 2012

Share This Article On :

Foto : Fasilitas pemusnah senjata kimia di Kurgan, Rusia (RIA)
Foto : Fasilitas pemusnah senjata kimia di Kurgan, Rusia (RIA)
MOSKOW - Kementerian Industri dan Perdagangan Rusia melaporkan, negaranya sudah menghancurkan 60 persen senjata kimianya yang kurang lebih berjumlah 24 ribu metrik ton.

"Pada 2015 mendatang, kami berencana akan menghancurkan 100 persen senjata kimia yang ada di negara kami," ujar Deputi Menteri Industri dan Perdagangan Rusia Georgy Kalamanov, seperti dikutip RIA Novosti, Kamis (22/3/2012).

Ketua Komisi Demiliterisasi Senjata Kimia Rusia Mikhail Babich mengatakan, pemusnahan senjata kimia yang dilakukan oleh Rusia merupakan hal yang sangat baik. Belakangan ini, Rusia juga tampak bergegas untuk menghancurkan seluruh persediaan senjata mematikan tersebut.

"Seluruh negara yang masih belum bergabung dengan Konvensi Senjata Kimia harus segera meratifikasi perjanjian tersebut, sementara itu negara-negara yang sudah meratifikasi diharapkan akan tetap mematuhi perjanjian itu," ujar Babich.

Hingga saat ini, 188 negara sudah bergabung dalam Konvensi Senjata Kimia. Mereka hendak menghancurkan seluruh persediaan senjata berbahaya itu pada tahun ini. Rusia dan Amerika Serikat (AS) merupakan negara yang memiliki banyak senjata kimia. Rusia memiliki 40 ribu metrik ton, sementara itu AS memiliki 27 ribu metrik ton.

Rusia memusnahkan senjata-senjata berbahaya itu di enam tempat yang ada di wilayahnya. Sejauh ini, pemusnahan senjata kimia yang sudah dilakukan oleh Negeri Beruang Merah itu juga seringkali dianggap sebagai sebuah prestasi besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.