Tanda-Tanda Awal Kanker Prostat

Jumat, 23 Maret 2012

Share This Article On :
Kanker prostat adalah kanker yang paling umum diderita oleh setiap laki-laki berusia lebih dari lima puluh tahun. Tanda-tanda kanker prostat harus dengan jelas diketahui oleh setiap pria, tua ataupun muda, karena perbedaan antara gejala adanya gangguan pada prostat baik itu yang bersifat ringan ataupun gangguan prostat yang lebih serius seperti kanker prostat sangatlah tipis.
Untungnya saat ini ada beberapa cara untuk mendeteksi kanker prostat. Kanker prostat yang terdeteksi sejak dini akan lebih mudah ditangani apalagi pengobatan kanker prostat lebih efektif dibandingkan dengan kanker jenis lain.
Itulah sebabnya mengapa sangat penting mengetahui tanda-tanda awal kanker prostat dan bagaimana membedakannya dengan jenis gangguan prostat yang lain.
LAKUKAN TEST PSA SETIAP TAHUN
Prostate Specific Antigen tests (PSA tests) adalah cara paling umum mengetahui tanda-tanda awal kanker prostat. Test PSA akan mengukur protein dalam darah, semakin tinggi tingkat protein ini maka semakin tinggi risiko terkena kanker prostat.
Protein yang tinggi dalam darah juga bisa berarti adanya gangguan lain berupa prostat jinak atau bisa juga karena infeksi saluran kemih. Melakukan tes PSA secara rutin setiap tahun adalah cara terbaik mendeteksi kanker prostat sedini mungkin.
PERHATIKAN PERUBAHAN BUANG AIR KECIL
Perhatikan perubahan-perubahan kecil saat anda buang air kecil dan diskusikan dengan dokter Anda saat anda berkonsultasi. Tanda-tanda kanker prostat akan terlihat saat anda buang air kecil:
  • Lebih sering buang air kecil (terutama di malam hari)
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Air tetesan kencing terakhir yang makin banyak
  • Kesulitan buang air kecil diawal (serasa ada yang menahan)
  • Air urin bercampur darah
PERHATIKAN TANDA-TANDA LAIN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PROSTAT
Tanda-tanda lain yang biasa muncul berkaitan dengan aktifitas seks. Terkadang seks yang tidak puas di akibatkan karena adanya gangguan prostat baik itu gangguan jinak maupun kanker prostat.
  • Perasaan nyeri saat ejakulasi (orgasme)
  • Ereksi penis tidak keras
  • Nyeri yang tetap konsisten di punggung bawah, paha, atau di daerah pinggul
Gejala-gejala di atas tidak selalu berarti anda mengidap kanker prostat, karena bersifat umum dan bisa berarti sebagai pertanda gejala gangguan prostat yang lain. Tapi jika Anda curiga mengidap kanker prostat berdasarkan tanda-tanda tersebut di atas, kunjungi dokter untuk konsultasi dan jika memungkinkan lakukan tes laboratorium untuk memastikan.
JANGAN SEMBUNYIKAN TANDA-TANDA KANKER PROSTAT DARI PASANGAN ANDA
Banyak pria yang diam-diam menyembunyikan tanda-tanda kanker prostat yang dirasakan dan akhirnya harus menderita saat divonis menderita kanker prostat ganas stadium lanjut. Jangan menunggu atau menyembunyikan tanda yang anda rasakan. Beritahu istri atau orang dekat anda sehingga anda tidak sendiri dan ada yang memotivasi anda untuk segera berobat.
TIPS
  • Ingat bahwa tanda-tanda yang anda rasakan bisa juga berarti gangguan prostat jinak yang bisa menjadi ganas suatu saat.
  • Jika anda positif mengidap kanker prostat, tidak perlu panik. Kanker prostat memiliki tingkat kesembuhan yang lebih tinggi dibandingkan jenis kanker lainnya.
  • Jangan menunda ke dokter! semakin lama Anda menunggu semakin sulit menyebuhkan kanker prostat yang diderita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.