China-Rusia Gelar Latihan Militer Bersama

Minggu, 22 April 2012

Share This Article On :
AL China (Foto: CN News)
AL China (Foto: CN News)
BEIJING - China dan Rusia mengumumkan akan menggelar latihan Angkatan Laut bersama selama enam hari kedepan. Pernyataan ini muncul disaat memanasnya hubungan China dan Filipina terkait sengketa wilayah Laut China Selatan.

Televisi milik Pemerintah China, CCTV, mengatakan, dalam enam hari latihan bersama tersebut nantinya juga akan ditampilkan simulasi operasi antipesawat, antikapal selam serta upaya pencarian dan evakuasi. Selain itu dalam latihan bersama tersebut juga akan difokuskan pada antisipasi terhadap kerusakan elektronik dan teknologi sensitif lainnya.

Sementara itu, Associated Press Minggu, (22/4/2012) melaporkan, China bahkan telah mengirimkan dua kapal selam dan 16 kapal perang untuk ikut ambil bagian dalam latihan militer bersama ini. Sementara itu, perwakilan Angkatan Laut kedua negara akan mengawasi latihan militer bersama ini dari Pelabuhan Qingdao yang merupakan markas dari Armada Utara China.

Latihan militer bersama antara China dan Rusia yang digelar di tengah memanasnya sengketa Laut China Selatan ditengarai sebagai manuver Negeri Tirai Bambu itu atas latihan militer bersama yang juga dilakukan oleh Filipina dan Amerika Serikat (AS) di dekat Laut China Selatan.

Dugaan ini menguat setelah sebelumnya militer China memperingatkan latihan militer yang digelar Filipina dan AS telah meningkatkan resiko konfrontasi militer di wilayah Laut China Selatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.