"Serangan ke Iran Tidak Akan Menguntungkan Israel"

Kamis, 22 Maret 2012

Share This Article On :

Mantan Kepala IAEA Mohamed ElBaradei (Foto: The Guardian)
Mantan Kepala IAEA Mohamed ElBaradei (Foto: The Guardian)
HONG KONG - Mantan Kepala Badan Atom Internasional (IAEA) Mohamed ElBaradei mengatakan, serangan Israel ke fasilitas nuklir Iran bukannya menguntungkan bagi Israel melainkan justru semakin memicu Iran untuk menciptakan senjata nuklir.

"Anda bisa mengebom fasilitas mereka, namun Anda tidak bisa mengebom pengetahuan mereka. Jika Anda mengebom fasilitas nuklir Iran, maka itu merupakan sebuah pelajaran bagi Iran untuk membangun senjata nuklir," ujar Mantan Kepala Badan Atom Internasional (IAEA) Mohamed ElBaradei dalam kunjungannya ke Hong Kong seperti dikutip Trend Kamis, (22/3/2012).

Pernyataan ElBaradei itu muncul menanggapi ancaman Israel yang bersikeras ingin melancarkan serangan militer untuk menghentikan program nuklir Iran.
Barat dan Israel selama ini menilai tujuan Iran mengembangkan kemampuan nuklirnya tidak lain adalah untuk memproduksi senjata pemusnah massal. Meski Iran telah berulang kali membantah hal itu dan menegaskan program nuklirnya bertujuan damai.

ElBaradei yang juga peraih Nobel Perdamaian pada 2005 menegaskan, bahwa untuk menciptakan stabilitas kawasan serta menangani berbagai konflik yang terjadi di Afghanistan, Irak dan Lebanon, Barat membutuhkan bantuan Iran dan begitu juga sebaliknya.

"Mereka saling membutuhkan satu sama lain. Saat ini mereka tengah menunggu siapa yang akan lebih dulu berinisiatif memulai pembicaraan dan itu belum terjadi," ujarnya.

Program nuklir Iran sendiri nantinya akan dibahas dalam pertemuan Iran dengan negara-negara berkekuatan besar di dunia P5+1. Hal ini merupakan bagian dari upaya kedua pihak yang mencoba untuk mengedepankan jalur diplomasi guna menghindari terjadinya serangan militer ke Iran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.