Wow…Kelahiran Bayi Kembar Dalam Rentang Waktu 11 Tahun

Rabu, 11 April 2012

Share This Article On :
Dalam penjelasan secara medis, kembar merupakan dua atau lebih individu yang membagi uterus yang sama. Kembar juga terdiri dari dua tipe yakni dizogotik atau non-identik, dan monozigotik atau kembar identik. Pada umumnya anak kembar, terutama identik akan dilahirkan dalam hari yang sama.

Namun pada 2010 lalu,  sebuah fenomena menakjubkan terjadi di Inggris, yakni lahirnya anak kembar ketiga dengan rentang waktu 11 tahun lamanya.

Kejadian yang cukup unik dalam dunia medik ini dialami pasangan Adrian dan Lisa shepherd yang menikah pada tahun 1994. Lahirnya anak ketiga yang diberi nama Ryleigh shepherd tersebut benar-benar mirip kedua kakaknya, Megan dan Bethany yang lahir pada 1998 silam.
Sebelum kelahiran anak kembar pertama, Megan dan Bethany yang termasuk kembar identik, Lisa shepherd didiagnosa sulit mendapatkan keturunan.

Dari hasil pemeriksaan medis, Lisa mengalami gangguran rahim yakni endometriosis dan polycystic ovarium. Berbagai cara sudah dilakukan pasangan Adrian dan Lisa. Namun rata-rata usaha agar Lisa hamil selalu berakhir nihil.

Pada bulan september 1998, Adrian dan Lisa memutuskan untuk menjalani perawatan di Midland Fertility Clinic di Birmingham, Inggris. Para ahli yang menangani pasangan tersebut, memberikan penanganan khusus. Tim dokter yang menangani Lisa, mengumpulkan 24 sel telur, dan 14 diantaranya sukses mengalami pembuahan dari sperma suaminya Adrian.
Selanjutnya melalui penanganan khusus pula, dua embrio tersebut disuntikan pada Lisa, sedangkan sisanya di simpan pihak klinik dalam sebuah freezer.

Dari tes awal kehamilan, diketahui hasilnya negatif. Namun berselang satu minggu, kabar menggembirakan datang bagi pasangan tersebut. Tes kehamilan selanjutnya menyatakan Lisa positif hamil. Setelah kehamilan berlangsung beberapa minggu, pihak klinik memberi kabar menggembirakan lainnya, janin yang dikandung Lisa adalah kembar monozigotik.
Setelah menjalani masa kehamilan normal, yakni, selama sembilan bulan, Lisa melahirkan anak kembarnya di sebuah rumah sakit, Wasall Manor Hospital, secara sesar. Saat lahir Megan memiliki berat 2,2 kilogram, sedangkan Bethany lebih kecil, yakni 1,8 kilogram.

Pertumbuhan putri kembar tersebut berjalan normal, dan tanpa masalah serius. Hingga usia keduanya memasuki 9 tahun, Adrian dan Lisa memutuskan untuk kembali memiliki momongan.
Kami benar-benar sibuk mengurus kedua buah hati kami, hingga akhirnya kami menginginkan anggota keluarga baru hadir di tengah kami. Begitu kata Lisa dalam sebuah wawancara dengan media lokal.

Karena masalah endometriosis dan polycystic ovarium yang dialami Lisa, untuk mendapatkan kehamilan keduanya, pasangan tersebut kembali mendatangi Midland Fertility Clinic pada 2009.
Proses perawatan khusus kembali dilakukan. Namun pihak klinik memutuskan untuk menggunakan embrio yang sama, yakni yang telah disimpan sepuluh tahun sebelumnya.
Awalnya mereka merasa tampak aneh bila menggunakan embrio yang telah membeku selama sepuluh tahun.  Mereka juga tahu embrio tersebut sama dengan anak terdahulu,  sehingga jika berhasil anaknya menjadi triplet.

Setelah menjalani proses perawatan, pasangan ini awalnya merasa tidak yakin akan berhasil. Keduanya pun memutuskan jika percobaan gagal, mereka akan berhenti mencoba.
Namun kabar baik kembali diberitakan pihak klinik, bahwa percobaan untuk yang kedua kalinya tersebut juga berhasil. Embrio yang ditanamkan dalam rahim Lisa masih bisa tumbuh dengan baik, hingga lahirnya Ryleigh yang juga melalui proses sesar. Bobot tubuh Ryleigh saat dilahirnya lebih berat dari kedua kakaknya yakni 3,5 kilogram.

Lahirnya Ryleigh, tentu saja disambut gembira kedua kakak kembarnya Megan dan Bethany.
Kejadian tersebut adalah  kuasa dari Sang Pencipta. Manusia hanya bisa merencanakannya, dan Tuhanlah yang memutuskan. Karena itu,  manusia hanya wajib bersyukur dan menikmati anugerah yang telah diberikan.
Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Buka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.