5 Binatang yang Dianggap Mitos

Rabu, 11 April 2012

Share This Article On :
Ketika pintu pengetahuan belum terbuka, semua hal yang tidak diketahui hanyalah mitos belaka. Hal ini terjadi di dalam dunia fauna, adakalanya  keberadaan mereka dulu dianggap mitos. Mereka bahkan dideskripsikan secara berlebihan dan terkadang menakutkan, sehingga ketika ia berhadapan dengan manusia mungkin ia akan mati dibunuh karena dianggap mengganggu. Berikut adalah fauna yang dulu hanyalah mitos belaka:

1. Manticore (Harimau)
Dalam perjalanan sejarah Yunani Kuno, harimau dikenal dengan manticore (diambil dari bahasa Persia, martya). Sosok binatang tersebut dipopularkan oleh seorang naturalis Yunani, Ctesias. Dalam deskripsinya dalam sejarah Yunani Kuno, menyebutkan harimau tersebut adalah mantichoras dalam bahasa India, dan pemakan manusia dalam Yunani. Selain itu Ctesias menggambarkan sosoknya memiliki tiga taring yang tajam, dan ekor yang berduri, seperti halnya kalajengking. Dan berbagai deskripsi lainnya yang mendekatkan manticore sebagai sosok harimau yang ditemukan di India sekarang.

Manticore

2. Ziphius (Paus Berparuh)
Ziphius ataupun burung hantu laut, merupakan monster laut legendaris di zaman medieval. Ia digambarkan memiliki mata besar dan mulut yang menyerupai paruh unggas.  Tubuh raksasanya  pun membuatnya diceritakan mampu menghancurkan perahu besar. Sekarang para ilmuwan menyadari dan menyimpulkannya sebagai ikan paus berparuh, yang hidup di perairan dalam dan jarang sekali memperlihatkan diri.

Ziphius

3. Naga (Komodo)
Sosok naga memang terkadan digambarkan seperti sosok komodo yang kita kenal sekarang, ditemukan di daerah pantai Indonesia bagian timur dikenal dengan Pulau komodo. Dulu ia dirumorkan sebagai buaya daratan, dan monster prasejarah lainnya.  Namun pada tahun 1910, seorang tentara berkebangsaan Belanda, pergi ke sebuah pulau dan berhasil menemukan serta mengirimkan foto komodo ke balai penelitian yang terletak di Kota Bogor saat itu. Pulau tersebut hingga kini kita kenal dengan Pulau komodo yang terletak di Indonesia, Provinsi Lombok.

Naga (Komodo)

4. Chrysomallus (Takin)
Dalam sejarah Yunani kuno, terdapat cerita mitos mengenai Jason dan Argonauts. Jason dikirimkan oleh pamannya yang jahat, Pelias, untuk sebuah misi berbahaya, menangkap domba berbulu emas (chrysomallus).  Sesosok mahluk kesayangan Poseidon, menangkapnya adalah kematian karena akan berurusan dengan Poseidon sang penguasa laut. Namun para ahli kemudia menyatakan bahwa sosok chrysomallus tersebut adalah sebuah kambing kuning yang hidup di pegunungan dan sekitar daerah Himalaya. Sosok mitos kambing emas tersebut juga hidup di Bhutan.

Chrysomallus

5. Gorilla
Seterkenal namanya sekarang, dahulu pun gorila adalah sebuah mitos belaka. Ia digambarkan  sebagai sosok yang seluruh tubuhnya ditumbuhi rambut, tinggi-besar, kuat dan pemarah, serta memiliki kebiasaan buruk memangsa dan memerkosa perempuan. Hal ini terdapat dalam sebuah catatan perjalan seorang Yunani, Hanno, di abad 5 sebelum masehi. Ia melakukan sebuah perjalan ke Afrika (Siera Leone), dan menceritakan bahwa  di Afrika terdapat mahluk liar, kebanyakannya perempuan, dan tubuhnya ditumbuhi rambut. Mereka disebut gorillae. (**)

Gorilla

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.