5 Binatang Tercerdas di Dunia

Rabu, 11 April 2012

Share This Article On :
Seiring dengan evolusi alam, hewan telah mengalami berbagai bentuk adaptasi. Itu sebabnya, ada pula binatang yang memiliki kecerdasan tinggi sebagaiman 5 hewan berikut ini:

1. Gurita Raksasa North Pacific
Makhluk ini tinggal di kedalaman laut. Mereka adalah keluarga cumi kelas moluska. Semua jenis cumi diketahui memiliki kemampuan intelektual luar biasa. Gurita dianggap avertebrata paling cerdas. Dalam kondisi percobaan, hewan ini telah menunjukkan memori jangka pendek dan jangka panjang. Mereka memiliki pengamatan luar biasa dalam pemecahan masalah. Gurita memiliki sistem saraf yang sangat besar, tetapi hanya sebagian ditemukan dalam otak mereka. Sekitar dua-pertiga dari gurita, memiliki neuron yang dapat ditemukan pada lengannya. Mereka ahli melarikan diri dalam tangkapan. Binatang ini sangat tajam penglihatan, rasa sentuhan, dan bergerak sangat cepat.

Gurita Raksasa (Sumber: Arkive)

2. Beo African Gray
Burung beo abu-abu Afrika merupakan spesies yang dapat ditemukan di Barat dan Tengah di hutan hujan Afrika. Beo telah lama mampu menunjukkan bahwa mereka bisa meniru ucapan manusia, tetapi beo ini dapat mengasosiasikan kata dengan makna dan bentuk kalimat kecil. Burung-burung ini saling berkomunikasi melalui lagu, panggilan, dan bahasa tubuh. Afrika Gray ini mudah dilatih untuk melakukan percakapan dan aktivitas. Dia bisa mengidentifikasi lebih dari lima puluh benda, tujuh warna, lima bentuk, dan nilai numerik.

Beo Afrika (Sumber: Deathdyinggriefandmourning)

3. Gajah
Semua jenis gajah diperkirakan mewarisi jenis genetik yang sama. Dalam banyak kebudayaan, gajah dipandang sebagai simbol kebijaksanaan. Mereka bisa mengingat lokasi yang tepat dari lubang air dan makan mereka meski tidak dikunjungi selama bertahun-tahun. Otak gajah otak adalah yang terbesar dari semua hewan darat. Gajah memiliki pendengaran yang luar biasa. Mereka berkomunikasi dengan berteriak, mengaum, seperti panggilan terompet, dan bahkan dapat mengirim suara dari jarak jauh dengan menggunakan perantaraan tanah. Gajah bisa mencatat berbagai perilaku. Termasuk tindakan yang terkait dengan kesedihan, membuat musik, cinta, bermain, dan sejenisnya.

Gajah (Sumber: Biologipedia.blogspot)
4. Monyet Rhesus
Monyet Rhesus dikenal cerdas dan karena itu telah banyak digunakan dalam penelitian biologis dan medis. Sebab dia memiliki memori yang besar, kemampuan untuk belajar, dan membuat keputusan sendiri. Mereka menggunakan ekspresi wajah sangat mirip dan dipahami oleh manusia. Mereka memiliki sistem rinci kesamaan vokal dengan komunikasi manusia.

Monyet resus (Sumber: Gotpetsonline)
5. Lumba-lumba
Keluarga lumba-lumba dan ikan paus dianggap sebagai hewan paling cerdas yang mendiami lautan. Jenis ini tinggal di perairan hangat di seluruh dunia dan merupakan spesies yang paling cerdas. Mereka memiliki otak yang sangat besar dengan korteks serebral dan lobus frontalis berjumlah 40% dari total otak. Cerebral cortex merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk komunikasi sosial, pengolahan informasi abstrak, pemecahan masalah, dan seterusnya. Lumba-lumba ini sangat mudah dilatih. Mereka telah memiliki kemampuan untuk berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami ide-ide, dan belajar dari pengalaman sebelumnya. Mereka menggunakan echolocation untuk berburu mangsa dan dan peluit untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. (**)

Lumba-lumba (Sumber: jedadulu)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.