Angin Kencang Terpa Wilayah Khatulistiwa

Rabu, 21 Maret 2012

Share This Article On :
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Angin Puting Beliung
JAMBI, KOMPAS.com - Sebagai daerah yang dilintasi geris khatulistiwa, wilayah Jambi akan menerima sinar matahari maksimal selama Maret ini. Hal itu berdampak pada kerap munculnya angin kencang disertai hujan dan petir.

"Selama Maret ini, matahari berada tepat di garis khatulistiwa, sehingga sinarnya dirasakan paling maksimal oleh bumi , khususnya daerah-daerah yang dilintasi garis khatulistiwa," kata Kurnianingsih, Koordinator Bidang Pengkajian dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG ) Jambi, Selasa (20/3/2012).

Menurut Kurnianingsih, karene Jambi berada di garis khatulistiwa, sinar matahari diterima maksimal pada wilayah ini. Sebagai contoh, suhu pada siang hari selama dua hari terakhir mencapai 34 derajat celcius, atau dua hingga tiga derajat cecius lebih tinggi dari biasanya .

Kondisi tersebut memicu kemunculan awan-awan cumulus nimbus, yang berakhir dengan turunnya hujan disertai angin kencang dan petir. Itu terbukti dengan terjadinya angin kencang semalam, sekitar pukul 23.00, yang telah merusak 15 rumah di Kelurahan Mayang Mangunrai, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi. P ihaknya mendata kecepatan angin mencapai 23 knot atau 41 Kilometer per jam.

Menurut Kurnianingsih, posisi matahari baru akan berubah pada April, dan berada di utara pada Juli. Pada saat itu, kualitas sinar matahari tidak lagi sekuat sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.