Harga Minyak Naik Didorong Sanksi AS Terhadap Iran

Sabtu, 31 Maret 2012

Share This Article On :
New York (AFP/ANTARA) - Harga minyak mentah global pulih pada Jumat (Sabtu pagi WIB) dari kerugian hari sebelumnya, didorong oleh sanksi baru Amerika Serikat terhadap sektor minyak Iran. 

Kontrak utama New York, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, ditutup pada 103,02 dolar AS per barel, naik 24 sen dari penutupan pasar pada Kamis.
Di perdagangan London, minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Mei naik 49 sen menjadi mantap pada 122,88 dolar AS per barel. 

Analis TD Securities, Bart Melek, mengatakan bahwa kenaikan Jumat di New York adalah kurang "rebound" dari stabilisasi sehari setelah kontrak acuan berjangka WTI terjun terbesar tahun ini.
Harga WTI merosot 2,63 dolar AS pada Kamis setelah Badan Energi Internasional (IEA) mengisyaratkan keprihatinannya tentang harga minyak yang tinggi dan membiarkan terbuka pilihan negara-negara memanfaatkan cadangan minyak strategis mereka untuk menekan harga minyak turun. 

Pada Jumat, harga minyak mendapat dukungan setelah Presiden AS Barack Obama menyetujui sanksi baru terhadap sektor minyak Iran.
Obama memutuskan Amerika Serikat bisa mengenakan sanksi terhadap bank dan lembaga keuangan lainnya yang membeli minyak dari Iran tanpa pasar bergolak.
"Ada kecukupan pasokan minyak dan produk minyak dari negara selain Iran untuk mengizinkan penurunan signifikan dalam volume minyak dan produk minyak yang dibeli dari Iran oleh atau melalui lembaga keuangan asing," kata Obama dalam sebuah pernyataan.
"Saya akan terus memantau situasi ini untuk menjamin bahwa pasar dapat terus mengakomodasi pengurangan pembelian minyak dan produk minyak dari Iran."

Sanksi merupakan bagian dari usaha lebih luas oleh pemerintah Barat untuk mendorong Iran meninggalkan program yang dapat bertujuan untuk menghasilkan senjata nuklir, untuk menghentikan dukungan bagi kelompok-kelompok terlarang dan mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.