Menambahkan Voice Transcription di Input Box

Sabtu, 31 Maret 2012

Share This Article On :
Seperti yang anda semua tahu, HTML 5 merupakan versi terbaru dari bahasa HTML yang menambahkan berbagai macam tag-tag yang membuat website bisa jauh lebih interaktif tanpa memerlukan bantuan plugin seperti Flash, Silverlight atau Java (bukan JavaScript ya…).

Nah, salah satu dari HTML 5 ini adalah Voice Transcription. Sampai sekarang memang Voice Transcription ini masih hanya berfungsi pada browser Google Chrome. Mungkin Firefox, Opera, Internet Explorer serta Safari akan menyusul nanti…

Untuk membuatnya sebenarnya sangatlah mudah! Anda hanya perlu menambahkan sebuah tambahan pada tag <input>. Jari-jemari ga perlu capek hanya untuk menulisnya karena hanya sedikit saja yang perlu ditambahkan…
Oke, daripada kebanyakan ngomong teori (sebagian besar orang bosen dengan teori) maka dari itu kita langsung lompat ke Prakteknya saja. Kita mulai dengan membuat form sederhana yang isinya adalah sebuah input box dan submit button.
<html>
<head>
<title>Contoh HTML5 Voice Transcription</title>
</head>
<body>
<h1>Voice Transcription</h1>
<form>
<input type=”input” name=”contohinput” />
<br/><input type=”submit” name=”contohsubmit”/>
</form>
</body>
</html>
Hasilnya adalah seperti ini:
Yap! Cuma sekedar page dengan input box biasa ditambah submit button yang juga biasa (NB: Memang submit buttonnya tidak akan kita apa-apain. Yang kita ubah hanya input boxnya saja). Sekarang waktunya kita menambahkan Voice Transcription pada input boxnya. Mari kita ubah…
Waktunya fokus kembali pada script input boxnya:
<input type=”input” name=”contohinput” />
Untuk menambahkan Voice Transcription maka kita harus menambahkan “x-webkit-speech” (tanpa tanda petik) ke tag input boxnya sehingga scriptnya menjadi seperti ini:
<input type=”input” name=”contohinput” x-webkit-speech/>
Sehingga secara keseluruhan scriptnya menjadi seperti ini:
<html>
<head>
<title>Contoh HTML5 Voice Transcription</title>
</head>
<body>
<h1>Voice Transcription</h1>
<form>
<
input type=”input” name=”contohinput” x-webkit-speech/><br/><input type=”submit” name=”contohsubmit”/>
</form>
</body>
</html>
Nah, mari kita coba Save dan uji coba (lagi)
Sudah deh, nongol gambar Microphone di Input Boxnya. Coba klik Microphonenya dan katakanlah sesuatu (dalam Bahasa Inggris) dan lihat hasilnya… Mantap bukan?
Itu hanyalah contoh sederhana dari penggunaan Voice Transcription HTML5. Kita bisa mengembangkannya lagi menjadi sesuatu yang lebih baik seperti untuk situs dictionary, dsb. Pokoknya, tergantung imajinasi deh :)
Terima kasih sudah membaca artikel buatan saya… Maaf bila ada kata-kata yang salah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.