CD/DVD ROM Tidak Terdeteksi atau Hilang

Senin, 02 April 2012

Share This Article On :
CD/DVD ROM tiba-tiba hilang atau tidak terdeteksi. Saat buka explorer CD/DVD ROM tidak terlihat, yang terlihat cuma drive c dan d. Masalah CD/DVD ROM drive tidak muncul di jendela My Computer sangat umum pada komputer dan laptop. Yang menyebabkan masalah ini juga sangat beragam. CD/DVD ROM drive tidak muncul bisa disebabkan oleh kerusakan hardware mupun software.

Untuk mengetahuinya apakah karena kerusakan hardware silahkan buka BIOS dan lihat apakah CD/DVD ROM drive terdaftar di sana atau hilang juga. Jika ada maka itu berarti masalah bukan pada hardware. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui masalahnya:

- Pastikan laptop/PC anda bersih dari virus karena virus tertentu dapat menyebabkan masalah ini sehingga anda tidak bisa menginstall antivirus.

- Masuk ke Device Manager dan uninstall CD/DVD drive dari device manager kemudian restart komputer agar CD Rom drive dideteksi ulang kembali. Bagi anda yang sudah familiar dengan registry, cara diatas dapat juga dilakukan di regedit.

- Jika metode disebutkan di atas tidak bekerja, Anda dapat mencoba untuk membuka pasang kembali drive optis. Lepaskan kabel daya dan kabel datanya lalu pasang kembali. Untuk laptop, cobalah keluarkan CD-ROM drive dan kemudian pasang kembali. Lihat apakah cara ini memperbaiki masalah.

- Anda juga dapat mencoba boot dari CD bootable untuk melihat apakah laptop Anda mengenali CD-ROM drive pada tingkat BIOS. Masukkan CD bootable dan start laptop anda sebagaimana ketika akan menginstall sistem operasi. Jika Anda memastikan bahwa piringan CD installer masih baik dan laptop/PC tidak bisa boot dari CD bootalbe, maka kemungkinan besar drive sudah rusak dan harus diganti.

Masalah yang paling sering terjadi pada CD/DVD Rom adalah tidak dapat membaca data dengan sempurnah. Hal Ini disebabkan karena optic yang kotor atau bahkan sudah lemah. CD/DVD ROM drive hilang dari jendela My Computer bukanlah sesuatu yang mudah dideteksi tetapi juga bisa anda kerjakan sendiri.

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.