Kenapa Batterei Laptop Tidak Bisa Terisi Saat di Charge

Senin, 02 April 2012

Share This Article On :
Sudah di Charge tapi Batterei Laptop Tidak Bisa Terisi padahal lampu indikator atau simbol charger pada desktop menunjukkan charger normal tetapi kenyatannya batterei laptop tetap tidak terisi. Penyebab baterai tidak bisa di charge atau charge tidak mengisi baterai ternyata ada beberapa penyebabnya. Hal ini sering terjadi pada hampir setiap merek laptop, mau laptop merek terkenal maupun laptop kelas dua, dan dapat di simpulkan bahwa ini adalah penyakit umum pada laptop.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah saat charge batterei laptop anda:

- Kemungkinan besar permasalahannya ada pada baterai laptop tersebut. Ternyata baterai tidak bekerja dengan benar dan tidak memberi catu daya laptop ketika charger dicabut. Jika laptop Anda bekerja dengan baik ketika adapter terpasang tetapi berhenti bekerja ketika dicabut berarti baterai laptop Anda rusak atau laptop Anda tidak mengisi baterai dengan benar.

- Pastikan anda power adapter telah melakukan pengisian daya selama minimal dua jam sebelum mencoba untuk dicabut.

- Buka dan pasang kembali batterei, mungkin kedudukannya tidak tepat sehingga tidak bisa terisi

- Boot ke sistem BIOS, dan lihat apakah ada yang aneh berkaitan dengan baterai. JANGAN mengubah sesuatu kecuali anda tahu pengaturan awalnya. Jika ternyata BIOS normal, biarkan windows jalan beberapa puluh menit, dan lihat apakah persentase charge tidak berubah sama sekali.

- Jika presentase pengisian naik tapi kenyataanya langsung drop beberapa saat setelah power adapter dilepas, berarti batterei bocor.

- Gunakan utilitas baterai pihak ketiga untuk mendiagnosa keadaan baterai. Sebagai contoh, BatteryCare adalah utilitas perangkat lunak bebas yang mampu melakukan hal ini. Silahkan googling dan lakukan tes.

- Jika Anda masih mengalami masalah yang sama bahkan dengan menggunakan baterai baru, kemungkinan besar ada masalah dengan motherboard.

Rawatlah selalu baterai laptop anda agar tidak cepat rusak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.