5 Tips Blogging Hemat Waktu Buat Blogger Sibuk

Rabu, 04 April 2012

Share This Article On :
blog bisnisAnda blogger sibuk? Punya banyak blog yang dalam mengelolanya nyaris menghabiskan seluruh waktu anda tiap hari? Belum lagi anda perlu blogwalking, beritakan kepada kawan-kawan di facebook, dan lainnya.
Padahal saya yakin tidak hanya online saja kegiatan anda. Anda mungkin punya pekerjaan offline yang perlu dijalankan saban hari seperti Mr Mung misal yang berprofesi sebagai guru di SMPN 1  Kaliwungu Kab Semarang.
Lalu bagaimana solusinya? Tips berikut semoga membantu anda agar bisa memanfaatkan waktu lebih efektif saat blogging ria.
  1. Tetapkan waktu blogging. Berapa waktu yang anda luangkan untuk blogging tiap harinya? Satu, dua jam atau berapa? Anda bisa atur waktunya sesuai kegiatan anda sehari-hari. Kalau memang anda punya banyak blog, anda bisa atur jadwal kelola tiap blog bergantian. Hari senin jadwal untuk blog A mungkin, hari selasa untuk blog B, dst.
  2. Tetapkan prioritas. Dari kegiatan blogging anda, apa yang hendak anda jadikan prioritas? Silakan tetapkan prioritas sesuai kebutuhan anda. Mungkin silaturahim via blogwalking, isi posting, atau jawab komen?
  3. Anda bisa cicil aktivitas blogging. Umpama anda tengah menanti teman yang janjian ketemu namun belum datang juga, anda bisa manfaatkan itu untuk mencicil aktivitas blogging anda. Misalnya, kalau anda sedang tidak dalam keadaan online, anda bisa ketikkan terlebih dahulu draft tulisan anda. atau kalau seumpama anda sedang tidak bawa laptop, anda bisa tuliskan ide-ide calon postingan anda beserta rancangan isinya di kertas. Sehingga nantinya anda tinggal lanjutkan saja di laptop.
  4. Buat posting berseri. Kalau tulisan yang anda buat terasa begitu panjang, anda bisa bagi tulisan itu ke dalam beberapa seri tulisan. Jadi, selain anda bisa “tabung” posting blog tersebut untuk beberapa hari ke depan, sekaligus akan membuat pengunjung kembali lagi karena penasaran membaca kelanjutannya. :)
  5. Cara cepat temukan ide posting. Kalau anda sedang bingung hendak menulis posting apa, ada cara cepat menemukan ide untuk menulis. Yaitu dengan membaca komentar-komentar di blog. Contohnya, seperti posting tentang mengamankan account yahoo mail yang berawal dari komentar Mas Wiwit dan Mas Thono.
    Anda yang masih kebingungan mau menulis tentang apa, anda bisa temukan banyak ide dengan menelusuri komentar di blog ini.. :D
Bagaimana menurut anda? Mau menambahkan tips-tips lainnya atau berpendapat lain, silakan tuangkan di kotak komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.