Bagaimana Memilih dan Mengukuhkan Positioning Blog Anda

Rabu, 04 April 2012

Share This Article On :
Bagaimana Memilih dan Mengukuhkan Posisi Blog AndaMemilih dan mengukuhkan positioning blog dengan keadaan blogosphere yang bertambah sesak butuh strategi. Tiap hari selalu lahir blog baru. Di tengah makin berlimpahnya blog, menentukan posisi blog makin menjadi penting. Kalau anda masih ingat tentang top of mind, dari positioning lah salah satu strategi awal untuk mencapai top of mind.
Nah itulah yang akan kita bahas kali ini. Bagaimana sebetulnya memilih dan mengukuhkan positioning blog anda?
Be unique! Itu kata kunci pertama pemilihan positioning blog anda. Unik artinya ya unik. Tidak pasaran. Blog anda lain dari yang sudah ada. Blog anda mampu menawarkan sesuatu yang khas, yang tak ditemukan di blog lain.
Kalau anda memulai blogging beberapa tahun lalu, mungkin anda bisa leluasa memilih topik. Tapi saat semua tema sepertinya sudah terpakai, rasanya tak ada yang tersisa.
Mungkin jika demikian lalu anda pikir akan sulit memilih positioning. Sebab blog apa yang belum pernah ada. Atau pertanyaan sejenis yang lebih dalam “apa sebetulnya yang betul-betul baru di dunia ini?”
Jika berpijak dari pemikiran ini bisa jadi kita frustasi lalu tak segera ACTION! Sebab diakui atau tidak, faktanya memang tak ada yang betul-betul baru di dunia. Yang ada hanyalah pengembangan saja dengan dipadu kreativitas kita.
So, bagaimana membuat blog anda menjadi unik dan berbeda?

Berikut beberapa sisi yang bisa membuat positioning blog anda berbeda dan berkilau.

  • Topik. Anda bisa lebih fokuskan topik blog anda. Kalau anda rasa sudah terlalu banyak blog yang bertema otomotif, anda bisa fokus ke merek tertentu. Kalau sudah terlalu banyak yang membahas musik secara umum, anda bisa pilih dangdut mungkin, jazz atau lainnya.
    Intinya, pertajam fokus topik blog anda. Fokus pada suatu hal bisa membuat pengunjung langsung menambatkan hal itu pada diri anda. Misal ketika bicara guru yang berbisnis, mungkin patokannya pada blog bisnis guru. Setiap bicara manajemen, maka yang teringat blog strategi manajemen-nya Mas Yodhia Antariksa.
  • Sasaran Pengunjung. Bicara dengan anak kecil tentu tak sama dengan orang dewasa dan orang tua. Bicara dengan perempuan tentu lain dengan laki-laki. Anda paham maksudnya? Ya, anda tetapkan siapa yang mau anda jadikan target pengunjung blog anda dan bicaralah sesuai bahasa pengunjung anda.
    Mungkin anda mengatakan bukankah kita tak bisa mengontrol siapa saja yang mau membaca blog kita. Maksudnya mungkin awalnya anda mentarget pembaca wanita usia 30-50an tahun, tapi toh tak menutup kemungkinan para laki-laki ikut membacanya?
    Benar. Namun setidaknya dengan menetapkan siapa target pengunjung, akan lebih memantapkan positioning blog anda. Tentu tak bisa disalahkan juga kalau orang tua ikut makan es krim yang sebetulnya dipasarkan untuk konsumsi anak-anak kan?
  • Berdasarkan geografis. Melakukan positioning pun bisa dilakukan berdasarkan lokasi geografis. Anda bisa khusus menulis mengenai kota, desa, atau daerah anda.
  • Gaya. Bisa saja anda membahas hal yang sama, namun dengan cara penyajian berbeda bisa menghasilkan sensasi berbeda. Contoh blognya Mas Hengky. Sekalipun bertajuk blog yang membahas tentang Blog, bisnis & internet, namun gaya yang disajikan Mas Hengky lain dari yang lain.
Positioning blog penting untuk meninggalkan kesan di hati pengunjung. Begitu pengunjung merasa klop dengan posisi blog anda, mereka akan berkali-kali kembali ke blog anda.
Positioning berarti kita harus memilih. Kita ingin dipandang sebagai apa yang bagaimana oleh pengunjung. Apa yang bagaimana artinya blogger yang ahli di bidang X, Y, atau Z dan menyampaikannya dengan gaya serius, santai, atau bombastis, atau yang lainnya.
Bagaimana? Masih bingung? Coba lihat beberapa tawaran ide topik blog dari NavinoT dan Bloggingly.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.