Iklan di Google Vs Iklan di Facebook, Mana yang Lebih Bagus?

Rabu, 04 April 2012

Share This Article On :
Beriklan adalah salah satu kunci dalam marketing. Tak terkecuali di internet marketing, memasang iklan untuk produk/jasa anda menjadi hal penting untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, serta meningkatkan brand awareness dan banyak lagi keuntungan lainnya.

Di internet, ada banyak pilihan tempat beriklan. Hampir semua perusahaan internet, mengandalkan iklan sebagai sumber uangnya, seperti Google, Yahoo, dan Facebook. Para raksasa itu menguasai pemasukan iklan internet di dunia.
Nah, di sini kita akan bandingkan iklan di google dan Facebook. Kalau anda berniat pasang iklan, yang manakah yang lebih bagus?


Pertama kali, sebelum anda putuskan beriklan, anda harus tahu benar siapa target market anda. Sebab tanpa itu, sangat mungkin iklan yang anda pasang justru akan tampil bukan pada target market. Akibatnya, konversi iklan menjadi tak bagus dan bisa jadi biaya iklan anda lebih besar dari penjualan yang dihasilkan.
Beriklan di Facebook maupun Google memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut ini penjelasan iklan di Facebook dan Google.

Iklan di Facebook

  • Iklan di Facebook menargetkan profile orang. Oleh karena itu, anda harus tahu betul siapa yang menjadi pangsa pasar anda. Sebab, iklan di Facebook bisa diatur berdasarkan usia, lokasi, status pernikahan, dan kesukaan profile pengguna Facebook.
  • Iklan hanya muncul di Facebook. Untuk jenisnya ada sponsored stories dan ada Facebook ads. Iklan bisa muncul di halaman utama (home), profile, page, group, event, dan lainnya.
  • Panjang teks iklan di Facebook bisa sampai 135 karakter serta dapat ditambahkan gambar. Secara karakter, ini lebih panjang dari jumlah karakter iklan di Google Adwords.
  • Dari segi biaya, secara relatif, iklan di Facebook lebih murah dibandingkan di Adwords Google. Namun demikian sistem bidding juga tetap berlaku seperti halnya di Google Adwords.
  • Tersedia Ads Manager untuk memantau performa iklan anda.

Iklan di Google

  • Kata kunci (keyword) menjadi hal penting dalam pemasangan iklan di Google. Pemilihan kata kunci yang tepat sangat berpengaruh pada tercapainya performa iklan yang maksimal. Oleh karena itu, riset keyword menjadi sangat penting sebelum pasang iklan di Google.
  • Di Google Adwords juga bisa dilakukan pengaturan, seperti berdasarkan jenis kelamin, usia, bahasa dan lokasi (berbasis alamat IP).
  • Selain bisa muncul di search engine Google, iklan yang dipasang juga bisa tampil di jaringan iklan Google, video, dan seluler.
  • Biaya iklan bergantung pada keyword yang ingin anda pasangi iklan. Ada keyword yang bertarif iklan tinggi, ada yang rendah. Dan sistem bidding juga berlaku di sini.
  • Tersedia tool (alat) untuk memonitor iklan.
Beriklan di Facebook atau Google memang berbeda. Keduanya memiliki karakteristiknya sendiri. Iklan di Google sangat bergantung pada pemilihan keyword, sementara iklan di Facebook menjangkau orang. Tentu juga pengaturan target iklan, copywriting iklan, dan landing page juga ikut berpengaruh terhadap keberhasilan iklan yang dipasang.
Yang mana yang terbaik? Tak ada jawaban pasti, sebab selain tergantung faktor-faktor di atas, juga bergantung pada niche dan target market anda tersebut.

Karena itu sebelum anda beriklan, sangat penting bagi anda untuk mengenali produk yang anda pasarkan dan siapa target marketnya. Di situ kuncinya.
Salam ACTION!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.