Kapan Waktu Terbaik Memposting di Blog Anda?

Rabu, 04 April 2012

Share This Article On :
kapan waktu terbaik memposting blogAnda tahu apa itu waktu premium (prime time)? Prime time adalah waktu dimana banyak orang yang melihat sebuah acara. Istilah ini biasa digunakan untuk stasiun televisi. Di televisi sendiri waktu prime time-nya sekitar jam 19-21.
Istilah untuk maksud yang sama bagi radio adalah drive time. Artinya sama, waktu dimana paling banyak orang mendengarkan program acara sebuah radio. Di radio biasanya prime timenya pagi hari sebelum dan saat orang berangkat kerja; dan sore hari saat terjebak kemacetan pulang kerja.
Kalau untuk koran, konon hari Sabtu merupakan jumlah pembacanya terbanyak. Bagaimana untuk blog?
Saya melakukan riset kecil-kecilan pada blog ini dan saya temukan sejumlah fakta menarik mengenai blog ini. Apa sajakah itu?
  • Dalam satu bulan, pada minggu keempat biasanya traffik tertinggi terjadi. Disusul traffik pada minggu ketiga. Sementara, traffik paling stabil terjadi pada minggu kedua. Dari bulan ke bulan, traffic pada minggu kedua relatif sama.
  • Untuk hari dalam seminggu dengan traffic tertinggi, terjadi pada hari kerja senin-jumat. Terutama pada Selasa, Rabu, Kamis. Pada akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu, traffik akan menurun.
  • Sementara untuk komentar masuk terbanyak biasanya pada jam kerja antara jam 9-16 dengan puncak komentar masuk antara jam 12-16. Pada hari Jumat, limpahan komentar biasanya akan hadir setelah lewat jam 13. Pada bulan Ramadhan ini komentar juga banyak masuk pada sekitar pukul 16, 22, dan 4.
Apakah mengetahui prime time ini penting?
Sangat penting. Sekadar perumpamaan, bagi pengusaha warung makan misal, saat bulan ramadhan seperti sekarang, saat premium timenya berada pada saat berbuka puasa, maka mereka akan menyiapkan segala sesuatunya sebelum waktu premium itu tiba. Agar limpahan pengunjung yang datang dapat terlayani dengan baik.
Bagi blogger, dengan mengetahui saat tertinggi traffic datang, anda akan tahu kapan waktu terbaik untuk posting. Dengan mengetahui hari traffic tertinggi dalam seminggu, akan membantu anda menyiapkan konten terbaik anda sebelum waktu tersebut tiba. Sehingga saat pengunjung membludak, mereka akan mendapatkan sesuatu yang fresh dari blog anda.
Dari temuan di atas, saya makin mengerti mengenai mayoritas pembaca blog ini. Dari data tersebut, jika ingin posting saya mendapatkan respon yang luar biasa, saya bisa pilih posting pada awal minggu keempat atau ketiga, pada hari Selasa dan di posting sebelum jam 9. Pada intinya, sebelum para pengunjung datang, posting sudah harus tersaji.
Bagaimana dengan blog anda? Kapan waktu terbaik untuk memposting di blog anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.