Cara Promosi Terbaik Bisnis di Internet: Pilih Iklan PPC atau Membuat Artikel?

Rabu, 04 April 2012

Share This Article On :
Cara Promosi Terbaik Bisnis di Internet Pilih Iklan PPC atau Membuat ArtikelBulan Desember tahun lalu, saya sempat menerbitkan posting berjudul SEO atau PPC Teknik Promosi Terbaik? Yang ingin saya bagikan kali ini mirip tapi tak sama, yaitu mencoba membandingkan mana yang lebih baik antara iklan PPC dengan konten artikel sebagai penyumbang traffic bagi situs web bisnis internet anda.

Kalau dalam artikel yang membandingkan SEO dengan PPC waktu itu, soal SEO mengarah pada hal umum, sementara yang kita bandingkan kali ini lebih fokus lagi yaitu membandingkan PPC dengan artikel. Seperti kita tahu, membuat artikel sangat penting untuk menghasilkan traffic alami/organik dari search engine.
Namun biar anda tidak penasaran, langsung saja kita bahas cara mana yang terbaik:

Menggunakan iklan PPC atau membuat artikel?
Sebelum membahas mana yang terbaik, kita bahas mana yang lebih enak terlebih dulu. Kalau bicara enaknya tentu bergantung pada anda. Karena masing-masing punya kelebihan.
Membuat artikel enaknya artikel itu bisa anda buat sesuai keinginan anda. Namun tidak enaknya, anda perlu waktu untuk membuatnya. Bagi sebagian orang mungkin juga terasa tidak mudah untuk menulis. Kalau anda merasa termasuk yang demikian, silakan baca 7 tips membuat konten blog.

Sementara kalau menggunakan iklan PPC, kita perlu merogoh kocek untuk membayar iklan yang kita pasang. Tapi enaknya anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Dan pasti traffic akan mengalir ke situs web atau blog bisnis internet anda.
Masing-masing memiliki kelebihan, juga kekurangan. Tapi kira-kira mana yang lebih efektif?
Bicara soal efektif tidaknya promosi, hubungannya dengan dua hal. Pertama dengan waktu, kedua dengan besar hasil yang didapat.

Dengan waktu maksudnya seberapa cepat waktu yang diperlukan untuk menuai hasil. Kalau hubungannya dengan waktu, iklan PPC yang unggul. Sebab iklan yang berisi tautan ke situs internet anda langsung berada di halaman depan search engine atau langsung tersebar luas di berbagai situs web/blog para penerbit iklan. Sedang kalau menggunakan artikel, butuh waktu relatif lama. Apalagi untuk blog baru yang perlu proses kenalan dulu dengan search engine.
Sedang hubungan dengan hasil, ini yang perlu dilakukan pengujian terlebih dahulu, dan bisa jadi antar orang berbeda hasilnya. Namun yang pasti, siapapun ingin agar hasil bisnis internetnya besar.

Nah, soal hasil ini lebih mudah kalau pengukurannya dilakukan dengan PPC. Sedang kalau menggunakan artikel, bisa saja sebetulnya, namun perlu tingkat analisa yang lebih rumit.
Singkat kata, kalau anda baru mulai bisnis internet, saya sarankan mulai dengan PPC. Saat anda lakukan promosi lewat PPC itu, hitung juga tingkat efektivitasnya. Sambil anda promosi menggunakan PPC, mulai buat artikel marketing untuk mendukung promosi anda.
Kalau menurut pendapat dan pengalaman anda bagaimana? Pilih beriklan di PPC atau menulis artikel?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.