Bagaimana Strategi Pemasaran yang Meledakkan Pengunjung Toko Online Anda

Rabu, 04 April 2012

Share This Article On :
Beberapa hari lalu di sini ada yang merequest untuk membahas strategi pemasaran toko online.
pak sekali-kali bahas dong strategi pemasaran untuk bisnis online seperti jualan barang/online shop
Nah, kali ini akan saya bahas soal strategi promosi toko online untuk anda.
Anda siap?
Bila anda sudah sampai di tahap promosi ini, berarti anda sudah melampaui dua tahap sebelumnya yang saya jelaskan di Formula Bisnis yang direkomendasikan banyak pebisnis online.

Tiga langkah untuk memulai bisnis online adalah:
  1. Ada produk
  2. Ada Situs web
  3. Promosi
Secara dasar, pernah saya singgung sebelumnya mengenai cara promosi di internet yaitu ada yang berbayar dan ada yang gratis.
  • Promosi berbayar seperti pasang iklan berbayar di Adwords, PPC lokal, facebook, dst
  • Promosi gratis seperti menggunakan SEO, artikel marketing, blog, dst
Yang gratis ini sebetulnya tak sepenuhnya gratis juga. Lebih jelasnya, silakan baca Salah Kaprah Soal SEO.

Nah, untuk menjalankan strategi promosi di internet ini, dilakukan perpaduan antara keduanya. Promosi berbayar dan gratis dilakukan bersamaan. Tentu takaran antara yang gratis dan berbayar bisa berbeda antar toko online, tergantung kebutuhan, kemampuan dan prioritas promosi yang hendak dijalankan dari masing-masing toko online.
Apakah ada toko online yang hanya mengandalkan salah satunya?

Mungkin ada. Tapi asal tahu saja, Amazon.com yang merupakan toko online besar pun, masih termasuk salah satu pemasang iklan terbesar di Google. Padahal pikir orang, tanpa pasang iklan pun Amazon pasti akan tetap menghasilkan penjualan. Namun nyatanya sampai sekarang Amazon tetap beriklan.
Tanpa merinci bagaimana para raksasa online store seperti Amazon atau yang lainnya dalam menjalankan promosi di internet dan menghasilkan penjualan lewat online storenya, pada intinya untuk membuat banyak kunjungan di toko online, ada tiga hal penting seperti yang dijelaskan di Formula Bisnis.
  1. Menciptakan momentum traffic. Momentum traffik ini penting, sebab dari kondisi tersebut perkembangan pesat toko online anda ditentukan. Saat anda mampu menciptakan momentum traffik, saat itu banyak orang mulai menoleh ke toko online anda.
    Betul, momentum traffic ini bisa anda ciptakan berulang-ulang kali, Namun pasti anda butuh momentum traffik pertama. Ini yang harus diciptakan pertama kali.
  2. Melipatgandakan traffic yang telah dihasilkan. Saat traffik sudah melambung tinggi, jangan biarkan menurun lagi. Karena itu, anda perlu melipatgandakan atau bahkan melipattigakan :) traffik yang sudah datang.
    Susah? Tidak juga kalau anda sudah ketahui ilmu traffik. Tinggal ACTION saja. Tidak sesulit yang dibayangkan untuk mendatangkan traffik. Dari dulu sampai sekarang, konsep traffik tak banyak berubah. Kalaupun berubah, hanya pada saluran traffiknya.
  3. Menjaga konsistensi perolehan traffic. Nah pada menjaga konsistensi traffik ini anda harus mengawal agar traffik toko online anda tak melorot. Kalaupun melorot, anda harus temukan jawabannya traffik menurun karena apa. Sebab dengan begitu anda tahu penyebabnya dan bisa memperbaikinya agar tak terulang lagi di kemudian hari.
Bagaimana? Sekarang lebih jelas soal marketing toko online?
Saya harap iya. Tapi tak perlu takut kalau pun anda tak paham sepenuhnya. Anda bisa pelajari lagi Formula Bisnis dan kontak di sini jika ada yang kurang dimengerti.
Coba tanya juga pada teman-teman di sini. Mereka juga awalnya menganggap bisnis online itu sulit, susah, dsb namun sekarang mereka sudah menikmati hasilnya.
Strategi pemasaran toko online memang tidak hanya ada satu. Ada banyak strategi pemasaran online yang bisa dilakukan. Sebab ada kepala orang di belakang perancang strategi. Dan tugas anda adalah meramu strategi online yang tepat untuk menghasilkan taktik-taktik pemasaran yang meledakkan toko online anda.
Kapan-kapan saya bahas lagi soal strategi pemasaran toko online. :)
Salam ACTION!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.