Mendapat Blog Award, Apa Manfaatnya?

Rabu, 04 April 2012

Share This Article On :
blog awardMenjelang akhir tahun sampai awal tahun baru lalu, terjadi limpahan award tidak ketingglan blog award. Beberapa blogger saling menganugerahkan award ke blogger lainnya. Alur lengkapnya seperi yang dituliskan Pak Sumartono. Saling memberi award ini tentu kondisi positif bagi kondisi perbloggingan kita. Karena menunjukkan adanya apresiasi dan pengakuan dari satu blogger terhadap blogger lainnya.
Yang akan kita bahas di sini mengenai manfaat menerima blog award itu sendiri.

Apa sajakah manfaatnya mendapat blog award?

Manfaat mendapat blog award bisa dilihat dari beberapa sisi. Yakni dari penerima award dan dari pengunjung.
Bagi penerima award, ada sejumlah manfaat yang didapat:
  1. Tambah bersemangat blogging. Penerima award akan tambah bersemangat blogging. Pemberian award setidaknya akan membuatnya mempertahankan aktivitas blogging yang selama ini dilakukannya dan sebisa mungkin berusaha meningkatkannya. Blog award menjadi pengobar semangat untuk terus blogging.
  2. Mendongkrak kredibilitas. Blog yang mendapat blog award tentunya telah melewati sejumlah penilaian. Terlepas dari apa ukuran yang dipakai, pastinya sebuah blog dinilai memenuhi ukuran tersebut. Sedikit banyak, kredibilitas blog tersebut ikut terdongkrak. Brand blognya pun semakin kuat.
  3. Membuat blog kita terkenal. Adanya award membuat blog kita lebih terkenal. Paling tidak akan menjadi referensi bagi para pengunjung blog. Dan yang pasti membuat limpahan traffic ikut mengalir.
Sementara, bagi pengunjung yang melihat suatu blog mendapat blog award, akan mendorong meningkatkan semangat bloggingnya. Kalau belum punya blog, mungkin segera beraksi membuat blog dan bahkan menjadikan si penerima blog award sebagai referensi utamanya. Mereka jadi tahu kepada siapa harus bertanya. Dan yang pasti, adanya award memudahkannya untuk menemukan blog yang berkualitas baik.
Mengenai award blog, kalau yang saya amati di luar negeri, biasanya dimasukkan dalam beberapa kategori. Misalnya ada blog tentang bisnis, blog tentang teknologi, blog mengenai binatang, blog pendidikan, blog hiburan, blog makanan, blog humor, blog tentang marketing, blog tentang agama, blog tentang parenting, blog pendatang baru terbaik, dan banyak lagi kategori lainnya.
Kategori semacam itu dimaksudkan untuk memudahkan penilaian. Agar blog yang dikompetisikan memang memiliki niche yang sama. Sehingga penilainya pun dapat menilainya berdasarkan kesamaan tertentu.
Dengan model semacam itu, pelajaran bagi kita adalah penting membuat blog yang spesifik. Blog kita tidak campur aduk isinya, tapi fokus pada topik tertentu. Dan berusaha betul-betul menjadi blog terbaik dalam niche tersebut.
Inilah eranya spesiliasi, bukan umum. Blog bertema spesifik akan lebih dicari dan disukai pengunjung ketimbang blog umum. Seperti juga di dunia nyata, dokter spesialis tarifnya juga lebih mahal dari dokter umum kan? :-D
Namun apapun, tujuan utama blogging adalah untuk bersosialisasi. Berkomunikasi dengan pengunjung dan berinteraksi multi-arah. Kalau itu sudah dilakukan, saya yakin traffic dan komentar di blog anda membludak.
Oh ya bagaimana pendapat anda? Silakan tuliskan komentar anda.
Never stop ACTION, apakah blog anda termasuk yang mendapat blog award?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.