Memoles Tampilan Blog Anda: Pakai Desain yang Memikat dan Font yang Tepat

Rabu, 04 April 2012

Share This Article On :
memoles tampilan blogContent blog memang penting, tapi kini di era visual thinking, tampilan blog tak kalah penting. Meski isi blog anda sangat bagus, namun tanpa ditunjang penampilan mengesankan, blog anda potensial kehilangan banyak traffic. Aspek tampilan blog tak bisa dikesampingkan menjadi salah satu faktor pendongkrak menjadi blog sukses spektakuler.

Membuat tampilan blog menarik

Seperti apa tampilan blog yang baik? Layout model 2 kolom atau 3 kolom? Huruf apa yang dipakai? Silakan simak saja…
Dari mata turun ke hati… Begitulah kira-kira tipe pengunjung blog masa kini. Yang pertama kali mereka lihat adalah tampilan blog anda. Kalau cocok, baru menjelajahi seluruh isinya. Setelah itu mereka akan berkunjung rutin dan menjadi pengunjung setia. Sedang kalau merasa tak nyaman, yang mereka lakukan hanya mencari informasi yang dibutuhkan. Setelah itu, minggat tak kembali lagi.
Tak pelak, aspek tampilan blog menjadi faktor penting membuat blog sukses spektakuler. Karena dengan tampilan blog yang baik, tak acak-acakan seperti yang ditulis Mas Hengky, pengunjung merasa nyaman dan betah.  Mata tak sakit karena font yang dipakai terlalu kecil atau sulit dibaca. Penataannya rapi membuat pengunjung mudah menelusuri setiap inchi blog anda.

Desain dan pemilihan font! Dua hal ini yang perlu anda perhatikan untuk memoles tampilan blog anda.
Mari kita mulai dari desain blog terlebih dulu. Tapi sebelumnya, saya ingin katakan kalau dalam desain tak ada jawaban pasti seperti dalam ilmu matematika. Soal desain blog sangat bergantung tujuan, topik, dan target pengunjung blog anda. Yang saya sharingkan hanya panduan umum dan berdasar pengamatan saya terhadap blog-blog sukses.
Yang saya amati, blog sukses tak pernah menomorduakan aspek desain. Desain dianggap sama penting dengan content. Ada blog terkenal yang memakai model layout dua kolom, seperti Zen Habits. Tapi ada juga yang berlayout 3 kolom atau lebih, seperti Lifehacker. Tapi yang penting, prinsipnya desain blog dibuat seefektif dan sefungsional mungkin. Berusaha memanjakan pengunjung agar mudah dan nyaman saat ada di blognya, dan tak sampai tersesat.

Nah, kedua soal pilihan font. Pemilihan font yang tepat bisa membuat pembaca betah membaca, meski kadang cuma hanya men-scanning teks. Yang banyak saya amati, font di judul biasanya memakai font jenis Arial, Trebuchet MS, Lucida Grande, atau Georgia.
Sedang di tubuh artikel, kebanyakan blog memakai font tanpa kaki (sans-serif). Ada yang mengatakan kalau font tanpa kaki terlihat lebih jelas di layar komputer meski sampai ukuran yang kecil. Jenis font yang banyak dipilih adalah Verdana, Trebuchet MS, Lucida Grande, dan Arial. Contohnya, Verdana dipakai CopyBlogger dan Trebuchet MS dipakai Seth Godin,
Lalu berapa ukurannnya? Ukurannya bervariasi antara 10px sampai 14 px. Jangan terlalu besar tapi juga jangan kekecilan. Kalau blog INI sendiri memakai font Trebuchet MS untuk judul, dan font Verdana di body teks.

Memoles tampilan blog anda agar menawan, membuat blog anda lebih disukai pembaca. Kalau blog anda sudah ramai, pasti uang mengalir deras ke kantong anda.
Oh ya, kalau anda pakai desain model apa dan font apa? Sudah menarikkah tampilan blog anda?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.