Membuat Menu Refresh Pada Klik Kanan Ubuntu 11.04

Senin, 02 April 2012

Share This Article On :
Share on :



Salah satu kebiasaan yang tidak jarang dari pengguna Windows yang baru mencoba Linux/Ubuntu adalah kebiasaanya mencari menu Refresh. Namun karena di Linux/Ubuntu tidak terdapat menu ini, kita hanya bisa me-refresh dari tombol F5 atau Ctrl+R saja. Sebenarnya di Ubuntu pun kita bisa membuat sendiri menu Refresh ini dan menampilkannya pada menu klik-kanan dengan program tambahan. 
 
Sodara tertarik mencobanya...? Silakan ikuti langkah sederhana berikut ini.


 Untuk membuat menu Refresh tampil pada menu klik-kanan, kita membutuhkan 2 program pendukung, yaitu Nautilus Actions Configurations dan Xdotool.

     Nautilus Actions Configurations adalah sebuah program tambahan untuk Nautilus yang bisa membuat fitur baru dari Nautilus itu sendiri, biasanya fitur baru ini ditampilkan pada menu klik-kanan.
     Sedangkan xdotool adalah sebuah program yang akan mensimulasikan input dari mouse atau keyboard. Kedua program inilah yang akan kita gabungkan untuk membuat menu refresh pada saat kita melakukan klik-kanan pada Nautilus.

Langkah-langkahnya:

1. Install Nautilus Actions Configurations dan xdotool lewat ubuntu software center atau ketik perintah berikut pada terminal.
-$sudo apt-get install nautilus-actions 
-$sudo apt-get install xdotool

2. Setelah keduanya terinstall, buka Nautilus Actions Configurations.
3. Klik pada tombol New untuk membuat sebuah konfigurasi baru.


4. Pada tab Action, Isi datanya sesuai pada gambar dibawah:


5. Pada tab Command isi dengan:


6. Terakhir, klik tombol Save untuk menyimpan settingan yang baru dibuat, kemudian tutup program untuk melihat perubahannya.



Berikut Hasilnya :
*) Telah diuji dan berhasil pada Ubuntu 11.04, jika Anda masih bingung dengan langkah yang saya jelaskan diatas harap tinggalkan komentar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.