Mengatur Sistem Operasi Default Pada Dual-Boot System

Senin, 02 April 2012

Share This Article On :
Mengatur Sistem Operasi Default Pada Dual-Boot System Windows 7. Ketika ingin mencoba menggunakan Windows 7, mungkin saja kamu belum siap kehilangan Windows Vista atau Windows XP yang selama ini kamu gunakan. Jika benar demikian, sistem dual-boot merupakan solusi yang tepat untuk kamu. Dual-Boot adalah menggunakan lebih dari satu sistem operasi pada sebuah komputer.

Dengan teknik dual-boot ini, dengan leluasa kamu dapat menjajal kehandalan Windows 7 tanpa harus kehilangan sistem operasi yang selam ini kamu gunakan seperti Windows XP atau Vista. Bahkan berbagai sistem operasi dapat disandingkan. Misalnya, Windows 7, Windows Vista, Windows XP dan Linux.

Diantara sekian banyak sistem operasi yang terinstall di komputer kamu, tentu saja salah satunya merupakan sistem operasi yang paling sering kamu gunakan. Ketika pertama kali menghidupkan komputer, kamu akan diberikan waktu beberapa detik (tergantung konfigurasinya) untuk menentukan sistem operasi mana yang akan digunakan.

Jika selama waktu yang diberikan tersebut kamu tidak menentukan pilihan, maka komputer kamu akan berjalan dengan menggunakan sistem operasi yang diatur sebagai sistem operasi default. Untuk mengatur atau mengubah sistem operasi default pada sistem dual-boot, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik menu Start yang ada di taskbar

2. Klik Control Panel

3. Klik System and Security

4. Klik System

5. Pada navigation pane, klik pilihan Advanced system setting, muncul jendela System Properties. (tab Advanced aktif)

6. Pada bagian Startup and Recovery, klik tombol Setting, muncul jendela Startup and Recovery

7. Pada bagian System startup terdapat combo box Default operating system. Pada combo box tersebut pilih sistem operasi yang akan dijadikan sebagai sistem operasi default

8. Pada check box Time to display list of operating systems, tentukan waktu tunggu pemilihan sistem operasi yang akan digunakan

9. Klik OK, kembali ke jendela System Properties

10. Klik OK

11. Tutup jendela System dengan melakukan klik pada tombol Close (tanda X) di kanan atas.

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.