Rescue CD Untuk Membersihkan Malware/Virus Menggunakan CD

Senin, 02 April 2012

Share This Article On :
Jika Komputer atau Laptop kita terinfeksi oleh virus atau malware maka baru mau menginstal antivirus sudah tidak ada gunanya lagi. Bahkan jika kita menggunakan antivirus portabel yang ingin kita gunakan melalui flasdisk. Tapi tenang saja, masih ada cara untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk membersihkan atau mengatasi virus dan malware lainnya yang menginfeksi sistem komputer adalah dengan melakukan scanning virus dengan menggunakan Antivirus yang terdapat dalam CD Bootable atau live CD yang dikenal sebagai Rescue CD.

Rescue CD ini selain merupakan senjata darurat yang bisa kita gunakan untuk menscan dan membersihkan sistem dari virus, rootkit, spyware dan malware lainnya, juga biasanya dilengkapi dengan tool lain seperti untuk memanipulasi file/folder, create dan delete partisi hardisk, configure network connection dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa Rescue CD yang dapat kita gunakan untuk menghapus virus komputer, membersihkan rootkit, trojan, spyware dan jenis-jenis malware lainnya yang menginfeksi komputer:

1. Dr.Web LiveCD : Jika komputer kita terinfeksi malware yang menyebabkan komputer tidak bisa booting, maka kita bisa menggunakan Dr.Web Live CD. Aplikasi ini akan membersihkan komputer dari file yang terinfeksi virus dan file-file yang dianggap berbahaya dan mencurigakan. Dr.Web Live CD juga dilengkapi tool untuk mengupdate virus databases dan component lainnya yang dibutuhkan.

2. Avira AntiVir Rescue System : Sama seperti Dr.Web dan AVG Rescue, Avira AntiVir Rescue System ini dapat kita gunakan untuk mengakses, memperbaiki sistem yang rusak, menyelamatkan data dan melakukan scan virus dari komputer yang tidak dapat di-boot lagi. File .iso dari Rescue CD ini selalu diperbaharui beberapa hari sekali sehingga update keamanan terbaru selalu tersedia.

3. AVG Rescue CD : AVG Rescue CD adalah sebuah bootable CD berbasis linuk yang berfungsi sebagai antivirus, antispyware yang dilengkapi dengan tools lain seperti file manager, registry editor, tesdisk, configure network, select virus database, run update, beberapa aplikasi linux seperti vi text editor, OpenSSH daemon, ntfsprogs dan sebagainya.

4. Kaspersky Rescue Disk : Kaspersky Rescue Disk menawarkan interface yang simple dan mudah untuk digunakan. Aplikasi scan virusnya akan memeriksa boot sector, hidden startup objects dan local hardisk. Setiap file yang terinfeksi virus nantinya dapat kita karantina, desinfeksi atau dihapus. Kaspersky Rescue CD dilengkapi menu Update Center untuk mengupdate database dengan malware definitions database termutakhir.

5. Norton Bootable Recovery Tool : Norton Bootable Recovery Tool dari Symantec Corp diklaim bisa memperbaiki kerusakan yang paling parah sekalipun dari komputer yang terinfeksi virus. Norton Rescue Tool dapat membantu membersihkan threats dan crimeware sehingga dapat memulikan kembali kesehatan komputer.

Mungkin itu saja yang bisa saya share^^ Sebenarnya beberapa vendor antivirus lainnya seperti Bit Defender, Panda AntiVirus, F-Secure dan PC Tools juga mengeluarkan produk Rescue CD yang hampir sama. Tapi menurut saya dengan menggunakan beberapa Rescue CD di atas sudah cukup untuk membersihkan malware/virus yang menginfeksi komputer atau laptp kita asal selalu kita update database nya...

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.