5 Kota Hilang yang Ditemukan

Senin, 30 April 2012

Share This Article On :
Kota yang Hilang” adalah istilah yang digunakan para peneliti terhadap keberadaan kota yang didengar dari mitos-mitos penduduk setempat. Ada banyak alasan kenapa sebuah kota akhirnya ditinggalkan oleh penduduknya. Perang, bencana alam, dan migrasi penduduk adalah beberapa alasan yang bisa dikemukakan dalam teori Kota yang Hilang. Berikut adalah 5 Kota Hilang yang berhasil ditemukan kembali:

1. Machu Picchu
Tak ada kota hilang yang semisterius Machu Picchu. Kota terpencil yang berlokasi dekat Urubamba Valley di Peru ini merupakan simbol Kerajaan Inca yang paling terkenal. Machu Picchu dibangun pada sekitar tahun 1450 M namun kemudian ditinggalkan oleh penduduknya seratus tahun kemudian. Kota Machu Picchu dibangun dengan gaya Inca kuno dengan batu tembok berpelitur. Kota ini ditemukan kembali tahun 1911 oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III.
Machu Picchu (sumber: ircoronk)

2. Pompeii
Pompeii adalah sebuah kota zaman Romawi kuno yang hancur karena letusan gunung Vesuvius, Italia. Letusan dahsyat gunung berapi tersebut menghancurkan Pompeii secara tiba-tiba pada tahun 79 M. Pompeii tenggelam beserta isinya selama 1.600 tahun karena debu gunung Vesuvius. Saat dilakukan penggalian, ditemukan pemandangan yang luar biasa terinci mengenai kehidupan kota Pompeii saat ditimpa musibah maha dahsyat tersebut.
Pompeii (sumber: blogspot)

3. Angkor Wat
Angkor Wat adalah pusat kerajaan Khmer dari pada periode 800 M – 1.400 M. Daerah ini ditinggalkan saat terjadi invasi tentara Thailand pada tahun 1431 M. Kota yang memiliki ribuan candi ini relatif tak tersentuh hingga tahun 1800-an, saat sekelompok arkeolog Perancis mulai mereklamasinya. Angkor Wat juga merupakan monumen keagamaan terbesar yang pernah ada.
Angkor Wat (sumber: infofotografi)

4. Memphis
Memphis adalah ibu kota Mesir kuno yang berfungsi sebagai pusat administrasi. Kota yang didirikan pada tahun 3.100 SM adalah kota terbesar di jamannya. Kota Memphis sempat hilang selama ribuan tahun hingga ditemukan kembali oleh ekspedisi Napoleon di akhir tahun 1700-an
Memphis (sumber: wordpress)

5. Petra
Petra dipercaya sebagai salah satu kota paling indah di dunia. Berlokasi di dekat Laut Mati, Jordania, Petra diyakini pernah menjadi pusat perdagangan karavan Nabataean. Kota ini dikenal dengan arsitektur batuan yang indah yang sengaja diukir dari bebatuan pegunungan di sekitarnya. Bebatuan itu juga merupakan benteng alami kota yang didirikan tahun 100 SM tersebut. Pada tahun 363 M, Petra dihantam gempa bumi dahsyat yang menghancurkan beberapa bangunan dan infrastruktur di kota tersebut. Bencana tersebut akhirnya membuat Petra ditinggalkan oleh penduduknya. Sejak saat itu, secara perlahan kota Petra hilang sampai ditemukan kembali pada tahun 1812 oleh penjelajah dari Swiss.(**)
Petra (sumber: usefullfact)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.