5 Gua Terdalam yang Pernah Dieksplorasi Manusia

Senin, 30 April 2012

Share This Article On :
Di bumi ini, begitu banyak celah sempit berongga yang menelusuk ke kedalaman perut bumi. Celah-celah ini dikenal banyak orang dengan sebutan gua. Gua banyak terdapat di belahan dunia seperti laut, bukit dan gunung. Diantara sekian banyak gua yang ada, beberapa diantaranya mencapai kedalaman diatas 2000 m. Berikut 5 gua terdalam di dunia yang pernah dieksplorasi manusia:

1. Krubera (Voronja)
Gua Krubera adalah gua terdalam yang dikenal di Bumi. Gua ini terletak di Massif Arabika dari Range Gagrinsky, Kaukasus Barat, di distrik Gagra Abkhazia. Pada tahun 2001, ketika ekspedisi Asosiasi Speleological Ukraina mencapai kedalaman 1.710 m (5610 ft) yang melebihi kedalaman gua terdalam sebelumnya, Lamprechtsofen, di Pegunungan Alpen Austria. Namun pada 2004, untuk pertama kalinya dalam sejarah ilmu pengetahuan gua, tim yang sama mencapai titik kedalaman yang mencapai -2.080 m (-6824 ft). Kedalaman maksimum saat ini 2.191 m dicapai oleh Gennadiiy Samokhin.

Krubera Voronja (Sumber: top10hm)

2. Lamprechtsofen Vogelschacht Weg Schacht
Lokasi di Austria. Kedalaman 1.632 m

Lamprechtsofen Vogelschacht Weg Schacht (Sumber: wordpress)

3. Gouffre Mirolda / Lucien Bouclier
Gua Mirolda terletak di desa Samoens di Haute-Savoie, Prancis. Gua ini mencapai kedalaman 1733 m, dan menempati urutan kedua gua terdalam hingga 2006 lalu.

Gouffre Mirolda (Sumber: wordpress)

4. Reseau Jean Bernard
Gouffre Jean-Bernard dikenal sebagai Jean Bernard, adalah salah satu gua terdalam di dunia. Terletak di pegunungan Alpen, di Samoëns, Perancis. Pintu masuk pertama gua itu ditemukan oleh Vulcain Groupe pada tahun 1959, dan setidaknya delapan pintu lainnya ditemukan di atas Samoëns. Gua ini mencapai kedalaman hingg 1.602 m.

Reseau Jean Bernard (Sumber: amazingdata)

5. Torca del Cerro del Cuevon (T.33)-Torca de las Saxifragas
Cerro del Cuevones merupakan gua karst dengan dua lubang yang saling berhubungan. Terletak di Picos de Europa, wilayah Cabrales Asturias, Spanyol. Dengan kedalaman 1.589 meter, merupakan gua terdalam di Spanyol. Torca del Cerro del Cuevones disebut juga T-33, dengan terletak pada ketinggian 2.019 meter di atas permukaan laut. Dibutuhkan tiga hari untuk menurunkan 1586 meter-nya. Di dalamnya terdapat sungai bawah tanah yang disebut Rio Marbregalo. (**)

Torca del Cerro del Cuevontorca (Sumber: copyplease)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.